AS Sita 3,6 miliar Dollar AS Bitcoin yang Dicuri dalam Reretasan Bitfinex 2016

Internet Sehat : Departemen Kehakiman AS mengumumkan bahwa penegak hukum menyita cryptocurrency senilai miliaran dollar AS yang terkait dengan peretasan pertukaran cryptocurrency Bitfinex 2016.

Pasangan asal Manhattan, Ilya Lichtenstein, 34, dan istrinya, Heather Morgan, 31, ditangkap hari ini karena diduga terlibat dalam konspirasi untuk mencuci cryptocurrency yang dicuri.

Pada tahun 2016, 119.756 bitcoin yang dicuri selama serangan itu bernilai hampir 78 juta dollar AS dan sekarang bernilai sekitar 4,5 miliar dollar AS.

Pejabat DOJ mengatakan dana itu dipulihkan setelah agen khusus IRS-Criminal Investigation (IRS-CI) mengeksekusi surat perintah penggeledahan dari akun online yang dikendalikan oleh Lichtenstein dan Morgan untuk menyita file dengan kunci pribadi yang diperlukan untuk mengakses dompet yang berisi barang curian Bitcoin Bitfinex.

File-file itu berisi kunci pribadi yang diperlukan untuk mengakses dompet digital yang secara langsung menerima dana yang dicuri dari Bitfinex dan memungkinkan agen khusus untuk secara sah menyita dan memulihkan lebih dari 94.000 bitcoin yang telah dicuri dari Bitfinex. Bitcoin yang dipulihkan bernilai lebih dari 3,6 miliar dollar AS pada saat penyitaan.

Wakil Jaksa Agung Lisa O. Monaco mengatakan bahwa penangkapan tersebut dan penyitaan keuangan terbesar departemen yang pernah ada serta menunjukkan bahwa cryptocurrency bukanlah tempat yang aman bagi penjahat.

Lichtenstein dan Morgan hari ini didakwa dengan konspirasi untuk melakukan pencucian uang dengan hukuman maksimum 20 tahun penjara, dan konspirasi untuk menipu Amerika Serikat, yang juga membawa hukuman maksimum lima tahun. Menurut Kepala Jim Lee dari IRS-Criminal Investigation (IRS-CI), ini adalah penyitaan cryptocurrency terbesar yang pernah dilakukan oleh DOJ.

Terdakwa diduga berusaha untuk mencuci cryptocurrency yang dicuri dengan melakukan deposit di pasar web gelap AlphaBay, serta membeli kartu hadiah dari Uber, Hotels.com, PlayStation, dan Walmart.

Bitfinex akan bekerja dengan DOJ dan mengikuti proses hukum yang sesuai untuk menetapkan hak kami atas pengembalian bitcoin yang dicuri,” kata bursa cryptocurrency Hong Kong dalam sebuah pernyataan.

Sumber : Bleeping Computer