Brasil Lanjutkan Usaha Atasi Penipuan Elektronik

Brasil Lanjutkan Usaha Atasi Penipuan Elektronik

Internet Sehat : Pemerintah Brasil telah membentuk komisi khusus yang ditujukan untuk menangani penipuan elektronik. Komisi tersebut dibentuk oleh Kementerian Kehakiman (MoJ) di bawah Dewan Pertahanan Konsumen Nasional.

Komisi tersebut akan mencakup perwakilan dari regulator antimonopoli Cade, serta Konfederasi Perdagangan Nasional, badan pertahanan konsumen dari negara bagian São Paulo, Tocantins dan Porto Alegre, Kantor Pembela Umum Federal, dan Bank Sentral.

Komisi ini mengikuti pembentukan kelompok kerja baru-baru ini, yang memberikan penilaian terhadap lanskap penipuan online saat ini. Kelompok kerja tersebut melibatkan badan-badan seperti Federasi Bank Brasil (Febraban) dan Bank Sentral.

Menurut MoJ, kelompok kerja akan menerbitkan laporan akhir daftar proposal untuk memerangi penipuan online. Kelompok ini juga akan bertemu dengan Otoritas Perlindungan Data Nasional.

Pada bulan September, MoJ memulai negosiasi dengan Febraban tentang pembuatan Strategi Kejahatan Dunia Maya Nasional. Menurut Febraban, pembahasan tersebut dilatarbelakangi oleh Strategi Nasional Anti Korupsi dan Pencucian Uang yang dipimpin oleh Kementerian Kehakiman dan telah berlangsung sejak tahun 2003.

Idenya adalah untuk memperluas identifikasi dan represi para aktor yang bertanggung jawab atas kejahatan dunia maya. Tujuan lainnya termasuk mengembangkan platform bersama untuk berbagi data penipuan, melatih pasukan keamanan dalam masalah keamanan siber dan penipuan digital, dan memimpin kampanye kesadaran publik tentang risiko dan penipuan dunia maya.

Sumber : ZDNet

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.