Literasi Digital

Bug di Google Take Out, Google Minta Maaf

Google telah meminta maaf setelah menemukan bug yang menyebabkan beberapa video pribadi beberapa orang pengguna dibagikan kepada orang lain secara tak sengaja.

Bug tersebut memengaruhi Google Takeout yang memungkinkan pengguna Google Photos untuk mengekspor konten akun mereka, selama empat hari, antara 21 dan 25 November 2019 yang lalu. Google mengatakan pengguna yang menggunakannya mungkin telah menerima arsip yang tidak lengkap atau beberapa video yang bukan milik mereka. Namun Google menolak untuk mengatakan berapa banyak pengguna yang terpengaruh bug tersebut.

Seorang juru bicara Google mengatakan bahwa  kurang dari 0,01%” atau 100.000 pengguna dari satu miliar pengguna Google Photo.

Google dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa masalahnya hanya memengaruhi video, bukan foto atau data lainnya. Google mengaku telah memperbaiki masalah mendasar dan telah melakukan analisis mendalam untuk membantu mencegah hal ini terjadi lagi. Google sangat menyesal ini terjadi.

Dalam pemberitahuannya kepada mereka yang terpengaruh, Google merekomendasikan untuk menghapus ekspor data dan melakukannya lagi.

Pat Walshe, direktur pelaksana Privacy Matters mengungkapkan kekhawatirannya dengan mengatkan bahwa sangat mengkhawatirkan bahwa orang lain dapat menerima video pribadi seseorang dengan semua implikasi untuk privasi dan mungkin keselamatan dan orang lain.

Sumber: BBC 

Sumber Foto: Flickr

Similar Posts