China Larang Anak-anak Menggunakan Ponsel di Sekolah

China Larang Anak-anak Menggunakan Ponsel di Sekolah

Internet Sehat : Anak-anak di China dilarang menggunakan ponsel mereka di sekolah. Kebijakan ini telah disahkan oleh Kementerian Pendidikan China. Dengan kebijakan tersebut, semua murid tidak akan diizinkan untuk membawa ponsel ke sekolah tanpa persetujuan tertulis dari orangtua mereka.

Pihak berwenang mengatakan mereka ingin melindungi penglihatan anak muda, meningkatkan konsentrasi mereka, dan mencegah kecanduan internet. Sekolah didorong untuk mencari cara lain bagi orangtua untuk berkomunikasi dengan anak-anak selama hari sekolah.

Menurut salah satu surat kabar negara, China Daily, telah terjadi perdebatan sengit di antara para orangtua mengenai apakah putusan tersebut cukup praktis. Sebagian besar anak-anak dan remaja di China mengakses internet melalui smartphone mereka sendiri, yaitu sebanyak 74% bagi mereka yang berada di bawah 18 tahun.

Pihak berwenang China prihatin tentang bagaimana penggunaan internet memengaruhi kesehatan anak-anak. Terdapat peningkatan tingkat rabun jauh di antara anak-anak di China dan pada 2018 sehingga pihak berwenang mengumumkan rencana untuk mengatur industri game yang sebagian disalahkan atas masalah tersebut. Mereka juga menyebutkan kekhawatiran bahwa kecanduan game merusak kesehatan mental.

Tahun berikutnya, jam malam diberlakukan pada anak di bawah 18 tahun, yang dibatasi bermain game selama 90 menit pada hari kerja dan tiga jam pada akhir pekan dan hari libur.

Banyak sekolah di China sudah membatasi penggunaan ponsel di tempat mereka. Dalam beberapa kasus ekstrim, telepon dihancurkan di depan siswa yang melanggar aturan. Topik pelarangan telah menjadi berita utama di China dan di media sosial, dengan ribuan orang membahasnya di situs media sosial Weibo.

Sekitar 27.000 orang memberikan suara dalam jajak pendapat Sina News online, dengan sebagian besar mengatakan tidak perlu aturan baru karena larangan yang meluas selama jam sekolah. Beberapa orang mengatakan bahwa anak-anak mungkin terus menggunakan ponsel mereka secara berlebihan saat tidak di sekolah.

Sumber : BBC

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.