Literasi Digital

Coronavirus: Israel Aktifkan Badan mata-mata

Pemerintah Israel telah menyetujui langkah-langkah darurat bagi badan keamanannya untuk melacak data telepon seluler orang-orang yang dicurigai sebagai suspek virus korona. Alat baru tersebut akan digunakan untuk menegakkan karantina dan memperingatkan mereka yang mungkin telah melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi.

Undang-undang sementara telah disahkan sehingga bisa melewati persetujuan parlemen. Namun, Asosiasi Hak Sipil di Israel menyebut langkah tersebut preseden berbahaya dan lereng yang licin (yang mudah disalahgunakan) Sebelumnya, kekuatan semacam itu biasanya dicadangkan untuk operasi kontra-terorisme.

Rincian tentang bagaimana pemantauan dunia maya akan bekerja tidak diungkapkan, tetapi dipahami bahwa data lokasi yang dikumpulkan melalui perusahaan telekomunikasi oleh Shin Bet, agen keamanan domestik, akan dibagikan dengan pejabat kesehatan.

Setelah seorang individu tertentu dicurigai sebagai kemungkinan kasus coronavirus, kementerian kesehatan kemudian akan dapat melacak apakah mereka mematuhi aturan karantina atau tidak. Badan itu juga dapat mengirim pesan teks kepada orang-orang yang mungkin telah berhubungan dengan mereka sebelum gejala muncul.

Kepala sistem peradilan mengatakan langkah itu akan menyelamatkan nyawa, sementara perdana menteri Israel mengatakan keseimbangan antara kebutuhan kesehatan masyarakat dan hak-hak sipil.

Sumber: BBC

Similar Posts