Covid-19: Dokumen Vaksin Pfizer/BioNTech Diretas Hacker

Covid-19: Dokumen Vaksin Pfizer/BioNTech Diretas Hacker

Internet Sehat : Badan Obat-obatan Eropa (European Medicines Agency / EMA) mengatakan bahwa mereka telah dilanda serangan dunia maya dan dokumen yang berkaitan dengan vaksin Covid-19 telah diakses hacker.

BioNTech yang membuat salah satu vaksin dalam kemitraan dengan Pfizer, mengatakan bahwa regulatory submission-nya diakses selama serangan tersebut.

EMA sedang mengerjakan persetujuan dua vaksin Covid-19, yang diharapkan akan selesai dalam beberapa minggu. Serangan dunia maya tersebut diperkirakan tidak akan memengaruhi tenggat waktu persetujuan vaksin tersebut.

EMA tidak memberikan rincian apapun tentang sifat serangan dunia maya dalam pernyataan singkat di situsnya, selain mengatakan penyelidikan penuh telah diluncurkan. Tetapi BioNTech, dalam sebuah pernyataan yang dipublikasikan di situsnya, mengatakan telah diberitahu bahwa dokumennya telah diakses.

EMA merupakan badan yang mengizinkan penggunaan obat-obatan di seluruh Uni Eropa. Mereka mencoba untuk memutuskan apakah Pfizer/BioNTech yang baru saja diluncurkan di Inggris dan vaksin lain yang dibuat oleh Moderna aman untuk digunakan di negara-negara Uni Eropa.

Tidak jelas apakah dokumen Moderna juga telah diakses. Serangan dunia maya adalah yang terbaru dari serangkaian serangan dan peringatan tentang ancaman peretasan terhadap pembuat vaksin dan badan kesehatan masyarakat.

Penggunaan serangan dunia maya terhadap organisasi yang terlibat dalam peluncuran vaksin telah menjadi berita dalam beberapa bulan terakhir. Badan keamanan memperingatkan pada musim panas bahwa intelijen Rusia telah menargetkan organisasi yang berusaha mengembangkan vaksin yang berhasil.

Pada bulan Oktober, sebuah perusahaan farmasi yang berbasis di India menjadi korban serangan dunia maya yang signifikan. Dalam beberapa hari terakhir, IBM mengatakan rantai pasokan cold storage yang digunakan untuk mengangkut vaksin yang layak telah diserang yang kemungkinan besar merupakan hacker yang didukung oleh negara.

Sumber : BBC

Yuk belajar Privasi, gratis di Galeri Privasi.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.