Virus Corona

Covid-19: Hacker Korut dan Rusia Jadikan Vaksin sebagai Sasaran

Internet Sehat : Peretas atau hacker yang didukung negara dari negara Korea Utara dan Rusia telah menargetkan organisasi yang mengerjakan vaksin virus corona.

Microsoft mengatakan bahwa sebuah kelompok Rusia yang dijuluki “Fancy Bear dan kelompok Korea Utara yang dijuluki Zinc and Cerium terlibat dalam serangan dunia maya baru-baru ini.

Pusat Keamanan Siber Nasional Inggris (NCSC) sebelumnya mengatakan peretas Rusia menargetkan penelitian vaksin. Namun Rusia membantah bertanggung jawab.

Microsoft yang mengembangkan perangkat lunak keamanan dunia maya, mengatakan telah mendeteksi upaya untuk membobol sistem komputer tujuh perusahaan farmasi. Peneliti vaksin di Kanada, Prancis, India, Korea Selatan, dan Amerika Serikat juga menjadi sasaran.

Microsoft mengatakan kelompok Rusia tersebut telah menggunakan taktik kekerasan dengan mencoba masuk ke akun menggunakan jutaan kata sandi yang berbeda.

Salah satu grup Korea Utara mengirim email yang menyamar sebagai pejabat Organisasi Kesehatan Dunia dan mencoba mengelabui orang agar menyerahkan kredensial login mereka. Beberapa upaya pembobolan gagal, tetapi Microsoft memperingatkan bahwa beberapa di antaranya berhasil.

Rusia sebelumnya membantah bahwa mereka menargetkan penelitian vaksin.

Sumber : BBC

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.