Covid-19: India Gunakan Teknologi Biometrik Wajah Aadhaar Identifikasi Penerima vaksin COVID

Covid-19: India Gunakan Teknologi Biometrik Wajah Aadhaar Identifikasi Penerima vaksin COVID

Internet Sehat : Otoritas Kesehatan Nasional India telah memulai uji coba perangkat lunak pengenal wajah sebagai alat untuk mengidentifikasi orang-orang yang mengantri di pusat vaksin COVID-19 di negara tersebut.

Alasan penggunaan biometrik wajah sederhana, yaitu karena sidik jari atau pemindaian bola mata memerlukan peralatan yang perlu menyentuh dan mendekati mesin yang keduanya merupakan aktivitas berisiko selama pandemi. Oleh karena itu, sistem pengenalan wajah tanpa sentuhan dan lebih bersih menjadi masuk akal.

Sistem ini menggunakan pemindaian wajah yang diambil dengan skema ID nasional Aadhaar India. CEO Otoritas Kesehatan Nasional R.S. Sharma mengatakan bahwa India telah memulai uji coba di Jharkhand yang melaporkan lebih dari 1.000 otentikasi sukses melalui pengenalan wajah setiap hari di lokasi vaksinasi.

Program ini akan meluas ke seluruh India setelah proyek percontohan menyelesaikan antara 50.000 dan 60.000 otentikasi wajah. Sharma memuji Aadhaar karena warga yang wajahnya dipindai pada 2011 sekarang dapat menggunakan pengenalan wajah.

Aadhaar adalah sistem ID biometrik terbesar di dunia. Pengguna ikut serta dengan memberikan data biometrik dan demografis dengan imbalan 12 digit nomor identitas unik. Meskipun disajikan sebagai sistem opsional, para kritikus mengatakan bahwa penduduk India semakin menghadapi tekanan untuk menggunakan sistem tersebut yang mengumpulkan banyak data. Beberapadari data tersebut dapat diakses oleh entitas non-pemerintah, tanpa banyak jaminan privasi.

Misalnya, India mewajibkan Aadhaar untuk layanan e-gov pada 2017. Beberapa bulan kemudian, Mahkamah Agung India memutuskan bahwa konstitusi negara memberikan hak privasi kepada warganya. Keputusan ini memperumit masalah untuk Aadhaar yang mengalami kebocoran lebih dari 135 juta catatan keuangan. Pelanggaran tersebut diremehkan oleh Unique Identification Authority of India (UIDAI), otoritas pemerintah yang mengumpulkan data.

Sumber : The Register

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.