Virus Corona

Covid-19: Mendengarkan Musik Sangat Penting Saat Lockdown

Internet Sehat : Angka-angka baru menunjukkan bahwa musik sangat penting dalam mengangkat suasana hati orang selama lockdown karena pandemi Covid-19.

Statistik menunjukkan lebih dari 155 juta album dibeli atau di-streaming di Inggris pada tahun 2020, meningkat 8,2%, menurut badan label rekaman BPI. Seniman Inggris Lewis Capaldi, Harry Styles dan Dua Lipa adalah tiga penjual terbesar tahun ini. Divinely Uninspired To A Hellish Extent dari Lewis Capaldi adalah album dengan penjualan terbesar di Inggris untuk tahun kedua berturut-turut.

Bos BPI Geoff Taylor mengatakan angka luar biasa adalah pengingat betapa pentingnya musik bagi negara Inggris bahkan ketika hidup sedang terganggu.

Namun, meski konsumsi melonjak, penjualan album individu turun. Untuk pertama kalinya sejak rekaman dimulai pada tahun 1973, tidak ada satu pun album yang dirilis dalam 12 bulan terakhir bersertifikat platinum yang mewakili 300.000 penjualan meskipun Future Nostalgia Dua Lipa saat ini mendekati angka itu.

Juga tidak ada album debut Inggris di antara rekor terlaris tahun ini, yang menggambarkan kesulitan yang dihadapi artis baru dalam menemukan penonton selama pandemi virus corona. Tiga dari 10 album terlaris adalah koleksi Greatest Hits dari artis yang puncak kariernya terjadi pada tahun 1970-an, yaitu Queen, Elton John, dan Fleetwood Mac.

Jumlah single yang menerima piringan platinum (mewakili 600.000 penjualan) juga turun dengan 16 lagu, termasuk Rain On Me Lady Gaga dan Toosie Slide Drake, mencapai tonggak sejarah.

Angka-angka tersebut menunjukkan bahwa pendengar musik mencari jenis musik yang lebih beragam di layanan streaming, yang saat ini menyumbang 80,6% dari konsumsi musik di Inggris. Secara total, penggemar memutar 139 miliar lagu di layanan seperti Spotify, Amazon Music, dan Apple Music tahun lalu, naik lebih dari seperlima (22%).

Blinding Lights dari The Weeknd adalah lagu yang paling banyak diputar tahun ini secara keseluruhan; sementara Lewis Capaldi, Harry Styles, dan Dua Lipa masing-masing mencapai hampir setengah miliar streaming.

Penyanyi rap dan penari seperti AJ Tracey, J Hus, Jax Jones dan Joel Corry menjangkau penggemar terutama melalui streaming dengan hampir 200 artis mengumpulkan 100 juta streaming dalam 12 bulan terakhir.

Sumber : BBC

Sumber Foto : Medium

Belajar Privasi di Galeri Privasi

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.