Covid-19: YouTube Hentikan Sementara Saluran One America News Network (OANN)

Covid-19: YouTube Hentikan Sementara Saluran One America News Network (OANN)

Internet Sehat : YouTube telah menangguhkan One America News Network (OANN) karena membagikan informasi yang salah tentang pengobatan pandemi Covid-19. Channel yang menjadi favorit Presiden Trump itu juga dilarang menghasilkan uang di YouTube.

Penangguhan akan berlangsung selama seminggu, selama itu tidak ada video baru yang dapat dipasang. Untuk menghasilkan uang di masa depan, saluran harus memperbaiki masalah tersebut.

YouTube sedang mencoba untuk membersihkan platform mereka dan juga menghapus akun QAnon dan akun afiliasi pizzagate.

Pizzagate adalah teori konspirasi tentang jaringan pedofilia yang melibatkan anggota Partai Demokrat AS yang beroperasi di restoran pizza di Washington, sementara para penganut QAnon berpikir bahwa Presiden Donald Trump sedang melancarkan perang rahasia melawan elit pedofil pemuja Setan di pemerintahan, bisnis, dan media.

Dalam pernyataan tentang OANN, YouTube mengatakan bahwa mereka sejak awal pandemi telah bekerja untuk mencegah penyebaran informasi yang salah terkait dengan Covid-19.

Setelah peninjauan yang cermat, YouTube menghapus video dari OANN dan mengeluarkan teguran pada channel tersebut karena melanggar kebijakan informasi yang salah tentang Covid-19, yang melarang konten yang mengklaim ada jaminan penyembuhan.

YouTube menerapkan kebijakan tiga teguran di mana setiap pelanggaran kedua dalam jangka waktu 90 hari akan mengakibatkan penangguhan selama dua minggu. Pelanggaran ketiga akan menyebabkan larangan permanen. OANN juga harus mendaftar kembali ke Program Mitra YouTube jika ingin menghasilkan uang dari videonya.

YouTube, bersama dengan perusahaan media sosial saingannya Facebook dan Twitter, berada di bawah pengawasan ketat atas jumlah informasi yang salah dan ujaran kebencian yang masuk ke platform mereka.

YouTube mengataka bahwa mereka telah menghapus 200.000 video terkait dengan informasi Covid-19 yang berbahaya atau menyesatkan sejak Februari. Minggu ini, sekelompok senator Demokrat menulis kepada kepala eksekutif YouTube Susan Wojcicki, mendesaknya untuk menghapus semua informasi yang salah tentang hasil pemilu.

YouTube telah menghapus iklan dan menambahkan label peringatan ke video yang secara keliru menyatakan bahwa Presiden Trump memenangkan pemilu.

Sumber : BBC

Yuk belajar Privasi, Gratis di Galeri Privasi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.