Crypto Scams: Pura-pura Jadi Elon Musk Penipu Hasilkan 2 Juta Dollar AS

Crypto Scams: Pura-pura Jadi Elon Musk Penipu Hasilkan 2 Juta Dollar AS

Internet Sehat : Penipu mata uang kripto (crypto scams) yang berpura-pura menjadi bos Tesla Elon Musk telah menghasilkan lebih dari 2 juta dollar AS hanya dalam enam bulan. Hal ini dinyatakan oleh pejabat perlindungan konsumen AS.

Komisi Perdagangan Federal menerima 7.000 keluhan dari orang-orang yang telah kehilangan total lebih dari 80 juta dollar AS dalam penipuan kripto sejak Oktober 2020. FTC mengatakan kerugian yang ditimbulkan oleh penipu yang mengaku sebagai Musk atau orang terkenal lainnya naik hampir 1.000% pada 2019/20.

Penipuan semacam itu sering kali dimulai sebagai tip investasi di papan pesan online. Hal itu kemudian memikat orang ke situs web investasi palsu. Para penipu sering meniru identitas terkenal di Twitter dengan menyalin gambar profil mereka dan memilih nama pengguna yang sangat mirip dengan yang ada di akun asli. Mereka kemudian memposting balasan ke tweet populer yang dibuat oleh selebriti asli untuk membuat pesan mereka menonjol di Twitter.

FTC mengatakan orang-orang yang berpura-pura menjadi Elon Musk sendiri menghasilkan lebih dari 2 juta dollar AS dalam enam bulan sejak Oktober tahun lalu.

Membuat profil palsu bertentangan dengan kebijakan Twitter terhadap akun yang menipu, tetapi meskipun moderator Twitter telah berjuang untuk mengendalikan aktivitas dan hal tersebut tetap lazim di platform Twitter.

Terkadang scammer memilih untuk meretas profil daripada meniru mereka. Juli tahun lalu, Elon Musk, Joe Biden, Barack Obama, dan Kanye West termasuk di antara tokoh-tokoh terkemuka yang menjadi sasaran peretas di Twitter dalam penipuan Bitcoin.

FTC mengatakan penjahat juga menghasilkan uang dari penipuan asmara online dan dengan meniru otoritas pemerintah. Konsumen berusia antara 20 dan 49 tahun lebih dari lima kali lebih mungkin ditipu daripada kelompok usia yang lebih tua.

Sumber : BBC

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.