Privasi & Data Pribadi

Data Pengguna Dibagi di Facebook, Ini Tanggapan Tokopedia

Internet Sehat : Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya bahwa data 91 juta pengguna Tokopedia yang bocor pada bulan Mei yang lalu, link unduhan ke data tersebut ternyata dibagi di Facebook. Link tersebut sempat online beberapa jam sebelum dihapus pada Minggu sore minggu lalu. Lalu apa tanggapan Tokopedia terhadap hal ini?

Dikutip dari Kompas, VP of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak mengatakan bahwa pihak ketiga yang tidak berwenang telah mengunggah informasi secara ilegal di media sosial dan forum internet terkait cara mengakses data pelanggan Tokopedia yang telah dicuri.

Nuraini mengatakan bahwa hal tersebut bukanlah upaya pencurian data baru dan informasi password pengguna Tokopedia tetap aman terlindungi di balik enkripsi. Tokopedia telah melaporkan hal ini ke pihak kepolisian dan juga mengingatkan seluruh pihak untuk menghapus segala informasi yang memfasilitasi akses ke data yang diperoleh melalui cara yang melanggar hukum.

Menurut Nuraini, Tokpedia telah menyampaikan informasi terkait insiden pencurian data ini secara transparan dan berkala kepada semua pengguna, berkoordinasi dengan pemerintah, dan berbagai pihak berwenang terkait insiden pencurian data ini. Selain itu, Tokopedia juga telah menerapkan langkah-langkah keamanan sesuai standar internasional.

Sementara itu, Chairman Lembaga Riset Siber Indonesia CISSRec (Communication and Information System Security Research Center), mengatkan bahwa Tokopedia harus bertanggung jawab karena data pengguna mereka telah bocor. Hal ini membuktikan bahwa Tokopedia benar-benar sudah diretas, tidak seperti penjelasan Tokopedia sebelumnya yang mengatakan hanya terjadi upaya peretasan di platformnya.

Sumber: Kompas

Sumber Foto: Bloomberg

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.