Privasi & Data Pribadi

Data Pengguna Tokopedia Dibagi di Facebook

Internet Sehat : Masih ingat kasus bocornya data pengguna Tokopedia? Data sebanyak 91 juta pengguna Tokopedia yang dulu dijual di forum dark web, kini tersedia di Facebook melalui sebuah link.

Dikutip dari Kompas, Lembaga Riset Siber Indonesia CISSRec (Communication and Information System Security Research Center) menemukan bahwa ada orang yang membeli data tersebut dan mengedarkan tautan unduhannya melalui Facebook.

Chairman CISSReC Pratama Persadha mengatakan link tersebut di-posting pada hari Sabtu minggu lalu (4/7/2020) oleh salah satu anggota grup terkait keamanan siber di Facebook yang memiliki hampir 15.000 anggota. Tautan tersebut bersumber dari anggota situs Raidforums bernama @Cellibis yang sudah lebih dulu menyebarkan link di situs tersebut pada Jumat (3/7/2020), atau sehari sebelum tautan diunggah ke Facebook.

Pratama mengatakan bahwa akun tersebut membagikan secara hampir cuma-cuma di Raidforums yang sebelumnya dia dapatkan dari cara membeli data tersebut di dark web sebesar 5.000 US Dollar (Rp 72,6 juta) Lebih jauh ia mengungkapkan jika ingin mengunduh file bocoran data pengguna Tokopedia tersebut harus menggunakan VPN sebab file tersebut disimpan oleh server yang berbasis di Amerika Serikat (AS).

Menurut Pratama, data yang dibocorkan lewat link di Facebook tersebut sama dengan bocoran pada awal Mei 2020 lalu, yaitu data yang diambil per bulan Maret 2020 dari Tokopedia. Hingga hari Minggu (5/7/2020) pukul 10.00 WIB, tautan untuk mengunduh data 91 juta akun Tokopedia masih bisa diakses dan sudah diunduh oleh setidaknya 58 orang. Namun, link tersebut kemudian sudah dihapus pada Minggu sore.

Sumber: Kompas

Sumber Foto: Jakarta Globe

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.