Departemen Keuangan dan Perdagangan AS Dilanda Serangan Cyber

Departemen Keuangan dan Perdagangan AS Dilanda Serangan Cyber

Internet Sehat : Agen federal AS telah diretas dengan cara yang memungkinkan kekuatan asing memantau komunikasi pemerintah. Departemen keuangan dan perdagangan AS keduanya diserang oleh hacker.

Semua agen sipil federal telah diberitahu untuk memutuskan sambungan dari SolarWinds Orion, alat jaringan komputer yang dieksploitasi oleh hacker.

FireEye, sebuah perusahaan yang menyediakan keamanan dunia maya pemerintah AS, mengatakan telah mengidentifikasi masalah tersebut setelah alat peretasannya sendiri dicuri minggu lalu.

FireEye mengatakan bahwa pemerintah, organisasi teknologi dan telekomunikasi di seluruh Amerika Utara, Eropa, Asia dan Timur Tengah semuanya telah menjadi korban kampanye global yang menggunakan keahlian dan sumber daya operasi tingkat atas. Serangan tersebut konsisten dengan penyerang yang disponsori negara yang dengan sabar melakukan pengintaian dan secara konsisten menutupi jejak mereka.

Pusat Keamanan Cyber ​​Nasional Inggris (NCSC) mengatakan pihaknya bekerja sama dengan FireEye. Menurut mereka investigasi sedang berlangsung dan NCSC bekerja secara ekstensif dengan mitra dan pemangku kepentingan untuk menilai dampaknya bagi Inggrisa.

SolarWinds mengatakan 300.000 pelanggan globalnya termasuk kelima cabang militer AS, Pentagon, Departemen Luar Negeri dan Kantor Presiden Amerika Serikat dan semua pengguna platform Orionnya harus segera meningkatkan (keamanan) untuk mengatasi kerentanan keamanan (yang telah terjadi).

Pembaruan dilakukan untuk menjaga keamanan sistem telah disusupi dengan kode berbahaya, dalam serangan sangat canggih dan sangat tertarget yang mungkin dilakukan oleh peretas yang didukung negara, antara Maret dan Juni tahun ini.

Sumber : BBC

Mari belajar Privasi, kunjungi Galeri Privasi.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.