Literasi Digital

Dipecat Karea Meme Hitler, Karyawan BP Menang di Pengadilan

Internet Sehat : Seorang pekerja kilang BP di Australia yang dipecat karena memparodikan perusahaan tempatnya bekerja melalui meme Hitler yang terkenal telah dianugerahi pembayaran sebesar 200.000 dollar AS.

Scott Tracey menggunakan meme populer dari film Downfall tahun 2004 untuk menggambarkan adegan dari negosiasi gaji perusahaan dan mem-posting-nya di grup Facebook tertutup.

Namun kemudian aia dipecat oleh perusahaan tempatnya bekerja, yaitu BP. Kasus tersebut kemudian masuk pengadilan dan setelah pertarungan hukum selama dua tahun, dia memenangkan kasus pemecatan yang tidak adil dan kembali bekerja. Pembayaran yang dibayarkan kepada Scott juga mencakup pendapatan yang hilang.

Meme tersebut menggunakan adegan dramatis di Downfall, di mana Hitler dengan marah menghadapi para jenderalnya di bunker dan mengganti teks film dengan dialog alternatif sebagai lelucon.

BP mengatakan hal tersebut sangat menyinggung dan tidak pantas dan memecat Tracey. Tracey kemudian membawa kasusnya ke pengadilan, dengan alasan pemecatan yang tidak adil, tetapi kalah.

Tracey kemudian mengajukan banding, bersikeras dia tidak bermaksud menyinggung siapa pun dan bahwa video itu dimaksudkan untuk lelucon. Dia menambahkan bahwa video tersebut tidak mengidentifikasi BP atau siapa pun secara spesifik.

Pengadilan federal memutuskan bahwa tidak masuk akal untuk mengatakan bahwa meme tersebut menyamakan manajer BP dengan Nazi dan Tracey diizinkan untuk kembali bekerja.

Pada hari Senin minggu ini, Tracey dianugerahi pembayaran 177.325 dollar AS dalam gaji dan bonus yang hilang, dikurangi pajak dan juga tambahan sebesar 24.070 dalam pembayaran pensiun.

Sumber : BBC

Sumber Foto : Fox News

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.