DoJ AS Konfirmasi Akun e-Mail Dibobol Peretas SolarWinds

DoJ AS Konfirmasi Akun e-Mail Dibobol Peretas SolarWinds

Internet Sehat : Departemen Kehakiman AS mengkonfirmasi bahwa sistem email mereka telah diakses oleh peretas yang masuk ke perusahaan perangkat lunak SolarWinds. Hal ini mengindiikasikan betapa beratnya serangan yang telah mengguncang Washington.

Skala peretasan di departemen kehakiman tidak segera jelas, tetapi bisa jadi signifikan. Departemen, yang memiliki lebih dari 100.000 karyawan di serangkaian lembaga penegak hukum, termasuk FBI, Badan Penegakan Narkoba, dan Layanan Marshals AS, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa 3% dari kotak surat Office 365 berpotensi diakses.

Pernyataan itu selanjutnya mengatakan bahwa departemen kehakiman tidak memiliki indikasi bahwa ada sistem rahasia yang terpengaruh. Namun memenangkan akses ke ribuan kotak masuk email dari organisasi penegak hukum utama negara itu masih dapat memberikan keuntungan intelijen bagi peretas asing.

Departemen tersebut memainkan peran kunci dalam membasmi mata-mata asing, menegakkan sanksi, dan memerangi korupsi. Departemen tersebut baru-baru ini mengambil tindakan yang semakin agresif terhadap peretas asing, membuka serangkaian dakwaan terhadap mata-mata dunia maya Rusia, China, dan Iran menjelang pemilihan presiden AS dua bulan lalu.

Pernyataan itu mengatakan kantor kepala informasi departemen kehakiman menemukan pelanggaran pada hari sebelum Natal, beberapa minggu setelah laporan pertama muncul bahwa peretas yang diduga bertindak atas nama Rusia telah membobol jaringan pemerintah AS.

Rusia membantah bertanggung jawab atas kampanye peretasan, yang digambarkan sebagai salah satu operasi paling canggih yang ditemukan selama bertahun-tahun. Tetapi pada hari Selasa, kantor direktur intelijen nasional AS mengatakan Rusia mungkin berada di balik peretasan dalam pernyataan atribusi resmi pertama dari pemerintahan Trump.

Para peretas dapat memperoleh akses ke sekumpulan lembaga pemerintah dengan merusak perangkat lunak pemantauan jaringan yang dijual oleh SolarWinds yang berbasis di Austin.

Sumber : The Guardian

Belajar Privasi di Galeri Privasi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.