Donor Sumbangkan Jutaan dalam Bitcoin ke Ukraina

Internet Sehat : Analis Cryptocurrency mengatakan setidaknya 13,7 juta dollar AS sejauh ini telah disumbangkan untuk upaya perang Ukraina melalui sumbangan Bitcoin anonim. Para peneliti di Elliptic, sebuah perusahaan analisis blockchain, mengatakan bahwa pemerintah Ukraina, LSM, dan kelompok sukarelawan telah mengumpulkan uang dengan mengiklankan alamat dompet Bitcoin mereka secara online.

Lebih dari 4.000 donasi telah dilakukan sejauh ini, dengan satu donor tak dikenal memberikan Bitcoin senilai $3 juta kepada sebuah LSM. Rata-rata donasi berada pada angka 95 dollar AS.

Pada Sabtu minggu lalu, akun Twitter resmi pemerintah Ukraina memposting pesan yang meminta masyarakat global berdiri bersama dengan rakyat Ukraina. Mereja mengatakan bahwa kini pemerintah Ukraina merima sumbangan mata uang kripto berupa Bitcoin, Ethereum, dan USDT. Akun tersebut juga memposting alamat untuk dua dompet cryptocurrency yang mengumpulkan 5,4 juta dollar AS dalam Bitcoin, Eter, dan koin lainnya dalam waktu delapan jam.

Kementerian Digital Ukraina mengatakan seruan terbaru untuk sumbangan adalah untuk membantu angkatan bersenjata Ukraina, tetapi tidak akan merinci bagaimana uang itu akan dibelanjakan.

Pendiri Elliptic Tom Robinson mengatakan bahwa meskipuan beberapa perusahaan crowdfunding dan pembayaran telah menolak untuk mengizinkan sumbangan diberikan kepada kelompok-kelompok yang mendukung militer Ukraina, cryptocurrency telah muncul sebagai alternatif yang kuat.

Penggalangan dana Cryptocurrency menjadi bagian yang semakin menonjol dari konflik modern di seluruh dunia. Scammers tampaknya juga mengambil keuntungan dari situasi saat ini di Ukraina, dengan menipu pengguna yang tidak menaruh curiga. Elliptic mengatakan setidaknya satu posting media sosial ditemukan menyalin tweet yang sah dari sebuah LSM, tetapi dengan penulis menukar alamat Bitcoin.

Sumber : BBC