Literasi Digital

Facebook akan Hapus Video Deepfake

Facebook Inc. mengatakan bahwa mereka akan menghapus video deepfake dan video lain hasil dimanipulasi dari platformnya jika sebelumnya telah diedit, tetapi bukan konten parodi atau sindiran. Hal ini dilakukan Facebook bertujuan untuk mengekang informasi yang salah menjelang pemilihan presiden AS.

Dalam postingan blog yang mengumumkan rencana tersebut Facebook mengatakan bahwa mereka juga akan menghapus media yang menyesatkan jika itu adalah hasil dari teknologi seperti AI yang menggabungkan, mengganti atau menempatkan konten pada video sehingga membuatnya tampak asli.

Namun Facebook menegaskan bahwa kebijakan tersebut tidak mencakup konten parodi atau sindiran atau video yang telah diedit semata-mata untuk menghilangkan atau mengubah urutan kata-kata.

Facebook sebelumnya telah dikritik oleh politisi dari seluruh spektrum terkait kebijakan kontennya. Partai Demokrat telah mengecam Facebook karena menolak untuk memeriksa iklan politik, sementara Partai Republik menuduh Facebook melakukan diskriminasi terhadap pandangan konservatif, sebuah tuduhan yang telah dibantah oleh Facebook sendiri. 

Sumber: Facebook dan Reuters

Similar Posts