Literasi Digital

Facebook Hapus Akun Palsu Terkait China dan Philippina

Internet Sehat : Facebook mengatakan telah menghapus ratusan akun palsu terkoordinasi dengan tautan ke individu-individu di China dan militer Philippina yang mengganggu politik Philippina dan AS.

Facebook mengatakan semua akun yang berada dalam dua jaringan berbeda yang berbasis di China dan Filipina telah dihapus karena melanggar kebijakan Facebook terhadap campur tangan asing atau pemerintah, yang didefinisikan sebagai perilaku tidak autentik terkoordinasi atas nama entitas asing atau pemerintah.

Meskipun akun tersebut memiliki pengaruh yang dapat diabaikan dengan pos yang ditargetkan AS, aktivitas di Philippina mencapai ratusan ribu orang. Satu jaringan yang berfokus pada politik domestik Philippina ditemukan memiliki hubungan dengan militer dan polisi, dan tampaknya telah mempercepat operasinya antara 2019 dan 2020.

Sekitar 280.000 orang dicapai oleh posting dalam bahasa Inggris dan Philippina tentang politik dalam negeri, kegiatan anti-terorisme militer dan undang-undang yang diusulkan, kritik terhadap komunisme, aktivis dan oposisi pemuda, Partai Komunis Philippina dan sayap militernya, dan National Democratic Front of the Philippines.

RDFLab mengatakan bahwa mereka menemukan bukti di akun subset yang terkait dengan individu di militer, termasuk secara khusus kepala pusat media sosial militer. Polisi dan militer Philippina membantah adanya tautan ke akun Facebook tersebut.

Angkatan Bersenjata Filipina (AFP) mengatakan pihaknya dijadwalkan untuk bertemu dengan kepala kebijakan Facebook Filipina. Menurut mereka, sejauh menyangkut AFP, tidak ada akun yang dikelola AFP yang ditutup atau dihapus oleh Facebook. Semuanya aktif dan berjalan.

Sumber : The Guardian

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.