Literasi Digital

Facebook Hapus Akun Penyanyi Rap Wiley di Facebook dan Instagram

Internet Sehat : Facebook telah menghapus akun pribadi rapper Wiley setelah ia berbagi posting kasar yang ditujukan pada kritikus postingan anti-semit yang dilakukannya. Berbagai kritik terhadap Wiley muncul setelah ia mengomel anti-Semit di Twitter pada hari Jumat minggu lalu.

Dia secara khusus menyebut selebritis Yahudi, termasuk Lord Alan Sugar, komedian David Baddiel dan presenter BBC Emma Barnett. Seorang juru bicara Facebook mengatakan akun Wiley telah dihapus karena pelanggaran berulang terhadap kebijakan Facebook. Akun Wiley awalnya ditangguhkan, namun kemudian profilnya di Facebook dan Instagram dihapus secara permanen.

Posting yang dilakukan Wiley tersebut bertujuan untuk melecehkan selebritis Yahudi yang telah menyatakan kekecewaan mereka terhadap tweet Wiley. Beberapa posnya menyebutkan Golders Green, sebuah lingkungan di London dengan komunitas besar Yahudi.

Sejumlah komentar di Facebook Wiley juga termasuk penyalahgunaan anti-Semit. Komentar terakhir dibagikan di profil pribadi Facebook Wiley dan bukan halaman penggemar resminya juga telah dihapus. Meskipun mereka memiliki keterlibatan yang relatif sedikit, masing-masing kurang dari 100 LIKE dan komentar postingan tersebut terlihat oleh publik.

Beberapa tweet Wiley diturunkan dan akun Twitter-nya untuk sementara ditangguhkan setelah ia melakukan omelan anti-Semit pada hari Jumat. Sejumlah pengguna terkemuka menyerukan boikot 48 jam dari Twitter yang dimulai Senin, mengatakan bahwa jejaring sosial itu tidak mengambil tindakan cukup cepat dan seharusnya secara permanen melarang Wiley.

Sumber : BBC

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.