Literasi Digital

Facebook Hapus Jaringan Disinformasi Roger Stone

Internet Sehat : Facebook telah menghapus jaringan informasi yang dikaitkan dengan Roger Stone dan rekan-rekannya. Stone adalah ahli strategi politik lama dan merupakan sekutu Presiden AS Donald Trump. Dia dihukum karena berbohong kepada Kongres pada tahun 2019. Namun Stone membantah terlibat dengan jaringan disinformasi tersebut.

Facebook juga mengatakan telah mengidentifikasi jaringan akun palsu yang dijalankan oleh staf pemerintah Presiden Brazil Jair Bolsonaro. Facebook merilis perincian empat kampanye informasi yang salah sebelum edisi bulan Juli dari laporan bulanannya tentang perilaku tidak otentik yang terkoordinasi.

Facebook mengatakan telah menghapus 54 akun, 50 halaman, dan empat akun Instagram yang telah ditautkan ke Roger Stone. Sekitar 260.000 akun mengikuti satu atau lebih halaman Facebook.

Halaman yang tidak otentik tersebut memposting tentang situs web Stone, buku, dan penampilan media, politik lokal, dan materi dibocorkan oleh Wikileaks menjelang pemilihan AS 2016. Sementara itu, profil palsu yang menyamar sebagai penduduk Florida dan mengomentari postingan untuk membuat mereka terlihat lebih populer. Secara total, mereka yang berada di balik halaman yang menghabiskan sekitar 308.000 dollar AS untuk iklan Facebook.

Facebook mengatakan beberapa halaman tidak otentik memiliki tautan ke Proud Boys, kelompok kebencian supremasi kulit putih yang telah dilarang pada tahun 2018.

Facebook juga telah menghapus 35 akun, 14 halaman, grup Facebook dan 38 akun Instagram yang terlibat dalam perilaku tidak autentik di Brazil. Menurut Facebook, akun, halaman dan grup yang dihapus tersebut bertanggung jawab atas penciptaan tokoh fiktif yang menyamar sebagai wartawan dan sebagai outlet berita. Di halaman-halaman tersebut diposting meme politik, kritik terhadap oposisi politik, organisasi media, dan jurnalis, dan tentang pandemi coronavirus.

Sumber: BBC

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.