Facebook Munculkan Pop Ups di iOS untuk Meminta Persetujuan Tracking

Facebook Munculkan Pop Ups di iOS untuk Meminta Persetujuan Tracking

Internet Sehat : Facebook telah membuat layar baru berupa pop ups di aplikasi iOS-nya yang akan mendorong pengguna untuk mengizinkannya terus memantau aktivitas online mereka untuk iklan bertarget.

Kebijakan ini dilakukan Facebook sebagai tanggapan atas Apple yang bersiap untuk memperkenalkan prompt yang menanyakan pengguna apakah mereka ingin memberikan izin perangkat lunak Facebook untuk melacak mereka ketika mereka menggunakan aplikasi dan situs web lain. Pilihan ini akan tiba dalam pembaruan perangkat lunak iOS 14 meskipun ditunda setelah sebelumnya Apple mengatakan ingin memberi pengembang lebih banyak waktu untuk memahami perubahan tersebut.

Jika izin diberikan, aplikasi Facebook dapat mengakses Identifier for Advertisers, ID unik per pengguna yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan melacak pengguna dari aplikasi ke aplikasi dan situs web ke situs web di iOS, memungkinkan jaringan media sosial untuk membangun gagasan tentang minat pengguna sehingga dapat menargetkannya dengan iklan yang disesuaikan. Iklan ini mungkin diklik lebih banyak daripada iklan acak. Tanpa izin ini, Facebook kehilangan kemampuan untuk mengikuti pengguna iOS dengan mudah di internet.

Hingga saat ini, pemilik perangkat Apple dapat memilih untuk tidak dilacak oleh Identifier for Advertisers atau IDFA, dengan mempelajari pengaturan sistem dan mematikannya. Apple akan membuatnya opt-in daripada opt-out sehingga Facebook dan aplikasi lain yang ingin menggunakan pengenal tersebut harus mendapatkan izin dari pengguna untuk setiap aplikasi.

Seorang juru bicara Facebook mengatakan bahwa mereka tidak tahu kapan akan meluncurkan pesan pelacakan iklan untuk pengguna iPhone dan saat ini hanya menguji fitur tersebut. Agaknya Facebook sedang menunggu kotak dialog opt-in muncul di iOS.

Sumber : The Register

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.