Literasi Digital

Facebook Suspend Aktivis dan Kelompok Lingkungan

Internet Sehat : Facebook telah menangguhkan beberapa akun organisasi lingkungan kurang dari seminggu setelah meluncurkan inisiatif yang ditujukan untuk melawan gelombang informasi yang salah mengenai iklim di platform tersebut.

Grup-grup seperti Greenpeace USA, Climate Hawks Vote, dan Rainforest Action Network termasuk di antara mereka yang diblokir untuk memposting atau mengirim pesan di Facebook selama akhir pekan yang lalu. Aktivis mengatakan ratusan akun individu lainnya yang terkait dengan kelompok indigenous, iklim dan keadilan sosial juga ditangguhkan karena dugaan pelanggaran hak kekayaan intelektual.

Mereka dan kelompok yang ditangguhkan semuanya terlibat dalam acara Facebook dari Mei tahun lalu yang menargetkan KKR & Co, sebuah perusahaan investasi AS yang mendukung pipa Coastal GasLink, pengembangan gas sepanjang 670 km yang sedang dibangun di utara British Columbia, Kanada.

Penangguhan tersebut, sehari sebelum aksi online lainnya yang ditujukan untuk KKR & Co, telah membuat marah para aktivis yang menentang pipa tersebut karena dampak iklimnya dan untuk memotong tanah Wetʼsuwetʼen, masyarakat First Nations.

Delee Nikal, anggota komunitas Wet’suwet’en mengatakan bahwa video kekerasan ekstrem, pandangan alt-right, dan seruan untuk kekerasan oleh milisi di Kenosha, Wisconsin, diizinkan untuk tetap ada di Facebook . Namun kelompoknya dilarang dan menerima ancaman untuk penghapusan permanen, karena memposting petisi online.

Banyak dari akun tersebut sekarang telah dipulihkan, tetapi beberapa masih diblokir, tanpa penjelasan yang lebih lengkap dari Facebook. Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Facebook menyalahkan sistem mereka. Juru bicara tersebut mengatakan bahwa sistem secara keliru menghapus akun dan konten tersebut. Mereka telah dipulihkan dan Facebook telah mencabut batasan yang diberlakukan pada profil yang teridentifikasi.

Sumber : The Guardian

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.