Literasi Digital

Facebook Unit Jerman Didenda 51.000 Euro

Unit Jerman dari Facebook Inc. dikenai denda 51.000 euro atau sekitar 55.500 dollar AS karena dituduh telah gagal menominasikan  petugas khusus perlindungan data untuk kantor lokalnya dengan tepat.

Sementara hukuman denda tersebut nampaknya kecil untuk raksasa jaringan sosial, namun otoritas sebenarnya menargetkan unit Jerman dan bukan perusahaan induk di AS. Hal ini diungkapkan otoritas perlindungan data di Hamburg, Jerman, dalam laporan tahunan 2019 yang diterbitkan pada hari Kamis kemarin.

Otoritas perlindungan data juga menambahkan bahwa kasus ini harus menjadi peringatan yang jelas bagi semua perusahaan lain bahwa menunjuk seorang petugas perlindungan data dan memberi tahu regulator tentang hal itu adalah kewajiban yang ditangani serius oleh otoritas perlindungan data.

Hukuman denda tersebut dijatuhkan berdasarkan aturan privasi baru Uni Eropa, yang mulai berlaku pada Mei 2018. Peraturan Perlindungan Data Umum atau GDPR, memberikan otoritas perlindungan data Uni Eropa kekuatan yang sama untuk mendenda perusahaan-perusahaan sebanyak 4% dari pendapatan tahunan global untuk pelanggaran paling serius terhadap data pribadi pengguna.

Ini bukan pertama kalinya raksasa media sosial ini menjadi target pengawas privasi data Eropa. Kasus ini adalah salah satu dari daftar panjang perusahaan AS yang diselidiki oleh komisi perlindungan data Irlandia, yang juga mencakup Google, Apple Inc. dan Twitter Inc. 

Sumber: Bloomberg

Similar Posts