Literasi Digital

Filter Baru Twitter Cegah Pengguna dari Cyberflashing

Filter Twitter terbaru telah diluncurkan untuk mencegah pengguna menerima gambar telanjang yang tidak diharapkan. Pada hari Jumat minggu lalu, sebuah plugin yang disebut Safe DM resmi dirilis untuk memblokir dan menghapus gambar-gambar penis yang dikirim melalui pesan langsung ke pengguna Twitter.

Pengembang Kelsey Bressler datang dengan ide itu setelah dia menerima gambar telanjang dari seorang pria. Bressler mengatakan perusahaan media sosial bisa berbuat lebih banyak untuk melindungi pengguna dari cyberflashing. Safe DM sedang dalam tahap awal pembicaraan untuk menambahkan filter ke platform utama lainnya.

Untuk mengembangkan kecerdasan buatan, Bressler mengajukan permintaan pada bulan September tahun lalu agar publik mengirimkan gambar-gambar penis kepadanya. Ia memperoleh lebih dari 4.000 gambar. Tim Safe DM mengklaim filter bekerja 99%.

Sebuah tes oleh Buzzfeed News menyimpulkan perangkat lunak itu sangat akurat ketika datang untuk memblokir dan menghapus gambar-gambar penis meskipun ada jeda waktu beberapa menit. Pengguna yang ingin menggunakan DM Aman perlu menambahkan plugin ke akun Twitter mereka dan mengizinkannya untuk mengakses pesan langsung.

Perangkat lunak akan memindai pesan pengguna untuk gambar penis. Jika mendeteksi ada gambar penis, makan ia mengirim balasan ke kedua belah pihak membiarkan mereka tahu pesan tersebut idak pantas dan telah dihapus.

Bressler mengatakan AI hanya mencari gambar yang tidak diinginkan dan tidak membaca teks pesan. Sebuah Pew Research Study dari 2017 menemukan 53% wanita berusia antara 18 dan 29 tahun telah menerima gambar cabul yang tidak diinginkan.

Sumber: BBC

Similar Posts