Literasi Digital

Game Dilarang, Epic Games Gugat Apple dan Google

Internet Sehat : Pembuat aplikasi game Fortnite, Epic Games mengambil tindakan hukum terhadap Google setelah dilarang dari toko aplikasi Google Play, beberapa jam setelah melakukan hal yang sama dengan Apple.

Apple dan Google sama-sama menghapus game populer dari toko aplikasi mereka setelah Epic Games melewati sistem pembayaran mereka untuk menghindari pemotongan penjualan. Kedua platform tersebut mengambil 30% pembelian standar di toko aplikasi mereka.

Google mengatakan bahwa mereka menjalankan sistem terbuka dan akan bekerja untuk membawa Fortnite kembali ke toko aplikasi resminya. Di ponsel Android, toko aplikasi selain Google Play tersedia, jadi masih memungkinkan untuk menginstal Fortnite dari aplikasi peluncur Epic Games sendiri dan toko aplikasi Samsung Galaxy.

Pembaruan terbaru Fortnite menawarkan semua pemain diskon 20% untuk mata uang dalam gim V-bucks, tetapi hanya jika mereka membayar Epic Games secara langsung daripada menggunakan Apple atau sistem pembayaran Google. Hal ini melanggar aturan yang diterapkan oleh kedua toko, baik Apple maupun Google.

Pada hari Kamis minggu lalu, Apple menghapus Fortnite dari App Store-nya, membuat pemain baru tidak dapat menginstal game tersebut. Epic Games jelas mengharapkan hal itu terjadi, dengan cepat menerbitkan video yang mengejek iklan televisi bertema 1984 Apple yang terkenal tentang memerangi negara polisi dan segera menerbitkan dokumen pengadilan.

Beberapa jam kemudian, aplikasi tersebut juga menghilang dari Google Play Store. Namun Epic tidak banyak bicara tentang Google. Secara resmi, Fortnite hanya mengatakan bahwa aplikasi tersebut tidak tersedia di Google Play dan informasi lebih lanjut akan segera hadir.

Dokumen yang tersedia melalui sistem catatan pengadilan AS menunjukkan bahwa Epic Games telah mengajukan gugatan terhadap Google di pengadilan California, seperti yang dilakukan terhadap Apple. Sebagian besar gugatannya adalah tentang kewajiban pemotongan 30% yang diambil Google dari penjualan di Play Store, yang mirip dengan Apple.

Sumber : BBC

Sumber Foto : Sport Keeda

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.