Google Berikan 10.000 USB Security Keys Gratis ke Pengguna Berisiko Tinggi

Google Berikan 10.000 USB Security Keys Gratis ke Pengguna Berisiko Tinggi

Internet Sehat : Google memberikan kunci keamanan USB fisik gratis (Security Keys) kepada 10.000 pengguna yang berisiko tinggi diretas seperti politisi dan aktivis hak asasi manusia. Kunci keamanan berbentuk USB tersebut menyediakan otentikasi dua faktor lapisan keamanan tambahan di luar kata sandi.

Google mengatakan ingin mendorong orang untuk bergabung dengan program perlindungan lanjutan untuk pengguna profil tinggi. Langkah ini mengikuti berita bahwa Google mengirim ribuan peringatan kepada pengguna Gmail yang menjadi sasaran peretas.

Shane Huntley, direktur Grup Analisis Ancaman Google mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa peringatan itu dikeluarkan setelah Google mendeteksi pada akhir September sebuah kampanye yang menargetkan sekitar 14.000 pengguna Gmail di berbagai industri.

Huntley mengatakan kampanye tersebut berasal dari APT28, sebuah grup peretasan yang terkait dengan Rusia dan merupakan upaya phishing yang merupakan kampanye email yang dirancang agar terlihat sah untuk mengelabui orang agar mengungkapkan kata sandi mereka.

APT28 juga dikenal sebagai Fancy Bear adalah kelompok peretasan yang menurut pemerintah AS dan Inggris dioperasikan oleh intelijen militer Rusia. Kelompok ini telah menargetkan pengguna Google dalam beberapa serangan profil tertingginya.

Pada tahun 2016, Dell Secureworks mengungkapkan skala dan cakupan kampanye phishing oleh grup yang menargetkan hampir 4.000 akun Gmail dan akun email perusahaan dan organisasi yang menggunakan Gmail sebagai layanan. Akun yang ditargetkan termasuk staf yang bekerja untuk atau terkait dengan kampanye kepresidenan Hillary Clinton dan Komite Nasional Demokrat. Materi yang diperoleh dalam serangan itu kemudian bocor dalam dugaan upaya untuk mempengaruhi pemilihan AS.

Huntley mengatakan di utas Twitter bahwa peringatan terbaru seharusnya tidak mengejutkan jika seseorang berprofesi sebagai aktivis / jurnalis / pejabat pemerintah, atau bekerja di National Security. Namun dia menekankan bahwa mendapatkan peringatan tidak berarti telah diretas.

Tak lama setelah berita peringatan tersebut, Google mengumumkan upaya untuk meningkatkan keamanan akun pengguna yang berisiko tinggi menjadi sasaran peretas. Google mengumumkan akan mengirimkan 10.000 kunci keamanan Titan gratis kepada pengguna. Mereka biasanya tersedia untuk dibeli dengan biaya mulai dari 41 dollar AS.

Dalam posting blog, perusahaan mengatakan telah bermitra dengan sejumlah organisasi untuk membantu mendistribusikan kunci keamanan tersebut. Google juga baru-baru ini mengumumkan rencana untuk mendaftarkan secara otomatis 150 juta pengguna Google tambahan ke dalam sistem otentikasi dua faktor, dan membutuhkan dua juta pembuat YouTube untuk mengaktifkannya.

Sumber : BBC

Sumber Foto : USA Today

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.