Literasi Digital

Google Hapus Jutaan Review Negatif terhadap TikTok

Internet Sehat: Google telah menghapus jutaan ulasan negatif TikTok dari Play Store setelah peringkat aplikasi tersebut turun dari 4,5 menjadi 1,2 dalam satu malam. Platform berbagi video TikTok telah dibanjiri dengan ulasan bintang satu setelah seorang kretor India memposting video spoof serangan asam. Faizal Siddiqui nama kreator tersebut telah meminta maaf, dan TikTok telah menghapus salinan klipnya.

Namun kemudian Google turun tangan setelah menetapkan bahwa para kritikus telah membuat akun palsu untuk memperkuat protes mereka. Video yang dipermasalahkan tersebut memperlihatkan bahwa Siddiqui mengancam seorang wanita yang telah memutuskan untuk meninggalkannya.

Dalam klip, Siddiqui melemparkan cairan (yang sebenarnya air) ke wajah wanita tersebut. Tetapi adegan berikutnya menunjukkan wajah wanita itu ditutupi make-up yang menyerupai bekas luka dan memar yang mungkin disebabkan oleh asam.

Juru bicara TikTok mengatakan bahwa sesuai kebijakan, TikTok tidak mengizinkan konten yang membahayakan keselamatan orang lain, mempromosikan kerusakan fisik, atau mengagungkan kekerasan terhadap perempuan. Perilaku tersebut melanggar pedoman dan TikTok telah menghapus konten, menangguhkan akun, dan bekerja dengan lembaga penegak hukum sebagaimana mestinya.

Google menghapus lebih dari 5 juta ulasan bintang satu baru-baru ini, tetapi membuat banyak orang lain aktif. Seorang juru bicara Google mengatakan telah mengambil tindakan korektif.

Sumber: BBC

Ikuti berita menarik lainnya terkait media sosial di situs Internet Sehat.

Similar Posts