Literasi Digital

Google Hapus Uluru Park dari Street View

Internet Sehat : Google telah menghapus foto di Street View yang memungkinkan orang berjalan kaki ke puncak Uluru, di Teritorial Utara Australia. Parks Australia telah meminta gambar yang dibuat pengguna dari situs keramat tersebut segera dihapus.

Google mengatakan telah menghapusnya segera setelah diberi tahu.
Uluru Park ditutup untuk pengunjung setahun yang lalu atas permintaan masyarakat adat Anangu yang merupakan pemilik Uluru di mana kepemilikan ini dikembalikan kepada mereka oleh pemerintah Australia pada tahun 1985.

Uluru Park dulunya lebih dikenal secara internasional sebagai Ayers Rock terkait dengan banyak cerita tradisional Anangu. Fungsi Google Street View menyediakan gambar 360 derajat dari lingkungan yang berbeda, di samping gambar orang sendiri.

Seorang pejabat Parks Australia mengatakan kepada ABC News bahwa pihaknya telah memberi tahu Google Australia tentang gambar yang dibuat pengguna dari KTT Uluru yang telah diposting di platform pemetaan mereka. Mereka meminta agar isinya segera dihapus sesuai dengan keinginan Anangu, pemilik tradisional Uluru, dan pedoman film dan fotografi taman nasional.

Sebagai tanggapan, Google mengatakan bahwa mereka memahami Taman Nasional Uluru-Kata Tjuta sangat sakral bagi orang Anangu. Segera setelah Parks Australia mengungkapkan kekhawatiran mereka tentang kontribusi pengguna Google menghapus foto tersebut di Street View.

Sammy Wilson yang mengetuai dewan taman nasional yang memutuskan untuk menutupnya bagi pengunjung tahun lalu mengatakan bahawa Uluru Park adalah tempat yang sangat penting, bukan taman bermain atau taman hiburan seperti Disneyland.

Sumber : BBC

Sumber Foto : Construction Week Online

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.