Google Rilis End to End Encryption di Google Message

Google Rilis End to End Encryption di Google Message

Internet Sehat : Meskipun sangat terlambat hadir di aplikasi perpesanan, Google tidak mau ketinggalan dengan merilis perlindungan enkripsi end to end bagi pengguna Google Message atau biasa disebut Message bagi pengguna Android.

Sebagaimana diketahui Message merupakan layanan berikutnya dari SMS dengan menggunakan Rich Communication Services (RCS) di mana pengguna bisa mengirim pesan, foto, video dengan menggunakan Message tanpa harus dipotong pulsa, namun dengan koneksi yang ada di ponsel atau WiFi.

Peluncuran end to end encryption ini tampaknya menjadi lemparan dadu terakhir untuk RCS. Sebagaimana layanan perpesanan lainnya seperti WhatsApp sehingga Message menjadi setara dalam hal privasi dan keamanan pengguna.

Menyusul rumor yang dipicu oleh Google pada bulan Mei tentang peluncuran E2E untuk RCS, minggu ini melihat konfirmasi bahwa “beta” yang mencakup seluruh dunia (kecuali China dan Rusia) telah diberlakukan.

Drew Rowny dari Google mengatakan bahwa Google terus meningkatkan perlindungan keamanan untuk menjaga privasi pengguna dan akan meluncurkan enkripsi ujung ke ujung, dimulai dengan percakapan RCS satu lawan satu antara orang-orang yang menggunakan Message.

Google sebenarny butuh dukungan dari operator agar RCS tersebut bisa berfungsi sehingga pengguna bisa melakukan chatting dengan menggunakan Message tanpa khawatir pulsa mereka teropotong. Namun sejauh ini sangat sedikit operator yang mendukung RSC ini sehingga Google memilih untuk jalan sendiri.

Pengguna Message di Indonesia juga sudah bisa menggunakan Message untuk chatting layaknya WhatsApp. Namun terlebih dahulu harus mengaktifkan fitur chatting di aplikasi Message.

Sumber : The Register

Yuk belajar Privasi, Gratis di Galeri Privasi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.