Literasi Digital

Google Tambahkan 5 Bahasa Baru di Google Translate

Google mengungkapkan bahwa mereka telah menambahkan lima bahasa baru ke Google Translate, berkat dukungan dari Translate Community-nya. Sekarang pengguna dapat menerjemahkan sesuatu dari bahasa Kinyarwanda, Odia, Tatar, Turkmen dan Uyghur.

Karena  cepat untuk menambahkan, Isaac Caswell, insinyur perangkat lunak Google Translate mengatakan bahwa kelima bahasa tersebut adalah bahasa pertama yang ditambahkan ke Translate dalam empat tahun dan membawa jumlah total bahasa yang didukungnya hingga 108. Ia juga menabahkan bahwa kemampuan untuk berbicara bahasa ini akan memungkinkan orang berkomunikasi dengan 75 juta orang lebih banyak dari sebelumnya. Bahasa-bahasa tersebut digunakan masing-masing di Rwanda, negara bagian Odisha di India, Tatarstan dan Siberia, Turkmenistan, dan Daerah Otonomi Uyghur Xinjiang di Cina.

Alasan mengapa butuh waktu lama untuk menambahkan bahasa-bahasa ini, menurut Google, adalah karena lebih sedikit bahan yang dapat dipelajari oleh perangkat lunak terjemahannya secara online. Pembelajaran mesin Google Translate belajar dari konten online dalam bahasa, bersamaan dengan input dari penutur asli. Penutur bahasa dapat menerjemahkan kata dan frasa sendiri atau memeriksa keakuratan terjemahan lain.

Dimasukkannya bahasa Uyghur terasa sangat signifikan, karena minoritas Uyghur dianiaya di China di mana pemerintah China sejauh ini menahan mereka di kamp konsentrasi.

Sumber: The Next Web

Similar Posts