internetsehat.id

Merawat Kolaborasi Literasi Digital Indonesia

Privasi & Data Pribadi

Google Umumkan Kebijakan Privasi Baru terkait Cookies

Google telah mengumumkan garis waktu untuk menerapkan standar privasi baru yang akan membatasi penggunaan alat digital pihak ketiga yang dikenal sebagai cookie. Cookie melacak aktivitas internet pengguna dan memungkinkan penerbit digital menargetkan iklan.

Perusahaan teknologi telah menghadapi tekanan untuk meningkatkan perlindungan privasi di tengah meningkatnya pelanggaran data. Akan tetapi, analis mengatakan langkah tersebut akan memberi Google lebih banyak kontrol atas pasar iklan digital di mana mereka sudah menjadi pemain utama.

Untuk membuat iklan lebih personal atau sesuai target audien, browser mengumpulkan titik-titik informasi yang memungkinkan mereka untuk membuat profil pengguna dan kebiasaan online mereka.

Cookie adalah alat digital yang melacak aktivitas internet seseorang. Sepotong kecil data disimpan oleh browser web seperti Google Chrome dan Apple Safari saat pengguna menjelajahi internet. Mereka merekam informasi seperti situs web apa yang telah dikunjungi, barang-barang yang telah ditambahkan ke keranjang belanja digital atau informasi yang telah diisi ke dalam formulir digital, seperti nama dan kata sandi.

Perusahaan menggunakan ini untuk mencari tahu tentang kegiatan individu di internet. Penerbit web menggunakannya untuk menentukan iklan apa yang ditargetkan untuk orang tertentu.

Kebijakan baru yang dikenal sebagai privacy sandbox akan berarti penjual iklan pihak ketiga harus melalui Google untuk mendapatkan informasi tentang pengguna internet. Para kritikus mengatakan itu adalah keuntungan (bagi Google) yang membuat pasar kurang adil dan aman.

Apple mengambil langkah-langkah untuk membatasi akses pihak ketiga ke cookie dan meningkatkan privasi di 2017 dan membuat langkah lebih lanjut bulan Mei lalu. Fitur anti-pelacakan, pencegahan pelacakan cerdas, mempersingkat masa pakai cookie yang digunakan oleh browser web Safari Apple.

Google mengatakan kebijakan barunya akan diluncurkan dua tahun ke depan. Perusahaan mengumumkan rencananya untuk membatasi akses pihak ketiga ke cookie pada Agustus 2019, tetapi pengiklan berharap memiliki lebih banyak waktu sebelum diterapkan.

Sumber: BBC

Sumber Foto: Google