Literasi Digital

Hacker DForce Kembalikan Uang Kripto yang Dicuri

Seorang hacker misterius yang diduga mencuri uang senilai 25 juta dollar AS dalam mata uang kripto dikabarkan telah mengembalikan uang yang dicuri tersebut 2 hari kemudian. Catatan menunjukkan bahwa dana dalam berbagai mata uang kripto ditarik dari platform DForce yang berbasis di China.

Sejumlah uang senilai 10 juta dollar AS diambil di Ethereum, sedangkan sisanya 10 juta dollar AS diambil dalam koin digital yang diikat dengan dolar AS dan 4 juta dollar dalam koin lainnya. Laporan menunjukkan bahwa jumlah yang sama sekarang telah dikembalikan meskipun dalam campuran mata uang kripto yang berbeda.

DForce adalah layanan online yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi mata uang kripto satu sama lain. Pendiri DForce Mindao Yang mengatakan bahwa para peretas telah berusaha menghubunginya dan bermaksud untuk berdiskusi dengan mereka.

Menurutnya, serangan ini tidak hanya merugikan pengguna, mitra, dan rekan pendiri, tetapi juga ia pribadi. Aset Yang juga dicuri dalam serangan ini. Yang telah berjanji untuk memperbarui situasi lebih lanjut.

Dalam sebuah blog teknis tentang dugaan peretasan, perusahaan keamanan blockchain PeckShield menjelaskan bagaimana penyerang berhasil menarik mata uang kripto dengan menipu sistem DForce. Intinya, penyerang itu diduga dapat menarik dana dengan meyakinkan sistem bahwa uang telah disetorkan, padahal sebenarnya sudah disedot.

Sumber: BBC

Similar Posts