Literasi Digital

Hacker Retas Ring Kamera, Bangunkan Anak Tengah Malam

Seorang peretas atau hacker berhasil memasuki kamera yang ditujukan untuk keamanan rumah. Ia bisa berbicara dengan anak-anak melalui perangkat tersebut dan bahkan memberikan komentar rasis.

Pada awalnya, tujuan yang dimaksudkan dari fungsi bicara dua arah pada perangkat kamera keamanan tersebut adalah untuk memungkinkan orangtua memeriksa anak-anak mereka. Tetapi peretas menggunakan mereka untuk membangunkan orang di tengah malam, dan menonton anak-anak yang tidak menaruh curiga.

Laporan tentang peretas menyusup ke sistem kamera ekamana Ring dan menggunakannya untuk berinteraksi dengan anak-anak dan keluarga telah dibantah oleh Ring sebagai tidak terkait dengan keamanan siber perusahaan.

Meskipun penyelidikan awal tentang bagaimana perangkat dapat dieksploitasi dan investigasi Motherbroard yang menggali forum online di mana peretas mendiskusikan bagaimana membobol akun Ring yang terhubung ke kamera, seorang juru bicara Ring mengatakan kepada Guardian bahwa mereka tidak memiliki bukti intrusi yang tidak sah atau kompromi dengan sistem atau jaringan Ring.

Dalam pernyataan yang diberikan kepada Guardian, juru bicara Ring mengatakan bahwa kepercayaan pelanggan penting bagi Ring dan dan mereka  menganggap serius keamanan perangkat.

Pada bulan November, Senator Ed Markey dari Massachusetts mengkritik Ring karena menjadi pintu terbuka bagi pelanggaran privasi dan kebebasan sipil. Amazon dituduh memberikan insentif kepada pasukan polisi untuk menggunakan produk Ring, misalnya, dengan menyumbangkan 15 kamera ke departemen kepolisian di Lakeland, Florida. 

Sumber: The Guardian

Sumber Foto: The Telegraph

Similar Posts