Hadang Disinformasi, Twitter Kerja Sama dengan Situs Berita

Hadang Disinformasi, Twitter Kerja Sama dengan Situs Berita

Internet Sehat : Twitter akan berkolaborasi dengan dua penyedia berita internasional terbesar, Reuters dan Associated Press (AP) untuk menghilangkan prasangka disinformasi di situsnya.

Kantor berita tersebut akan membantu Twitter memberikan lebih banyak konteks dan informasi latar belakang tentang peristiwa-peristiwa yang menghasilkan tweet dalam jumlah besar. Twitter berharap ini akan menangkal penyebaran informasi yang menyesatkan.

Twitter mengatakan kemitraan tersebut akan memungkinkan mereka untuk memastikan informasi yang akurat dan kredibel tersedia dengan cepat ketika fakta masih diperdebatkan. Daripada menunggu sampai sesuatu menjadi viral, Twitter akan mengontekstualisasikan wacana yang berkembang sesuai dengan atau untuk mengantisipasi percakapan publik.

Saat ini, ketika percakapan besar atau berkembang pesat terjadi di Twitter yang mungkin penting atau kontroversial, tim Kurasi Twitter menemukan dan mempromosikan konteks yang relevan dari sumber yang dapat dipercaya untuk melawan informasi yang berpotensi menyesatkan yang diposting oleh pengguna.

Dalam posting blog, Twitter mengatakan program baru akan meningkatkan skala dan kecepatan pekerjaan tersebut dengan meningkatkan kapasitas mereka untuk menambahkan konteks yang dapat diandalkan untuk percakapan yang terjadi di Twitter.

Twitter mengatakan materi dari Reuters dan AP akan meningkatkan kredibilitas informasi di platform ketika tim Kurasi Twitter tidak memiliki keahlian khusus atau akses ke volume pelaporan terkemuka yang cukup tinggi di Twitter.

Ini adalah pertama kalinya Twitter secara resmi berkolaborasi dengan organisasi berita untuk mempromosikan informasi yang akurat di situsnya. Awal tahun ini, Twitter meluncurkan Birdwatch, sistem moderasi komunitas baru yang memungkinkan sukarelawan untuk memberi label pada tweet yang mereka temukan tidak akurat. Twitter akan bekerja secara terpisah dengan dua kantor berita tersebut dan awalnya akan fokus pada konten berbahasa Inggris.

Hazel Baker, kepala pengumpulan berita konten yang dibuat pengguna di Reuters, mengatakan bahwa kepercayaan, akurasi, dan ketidakberpihakan adalah jantung dari apa yang dilakukan Reuters setiap hari dan mendorong komitmen perusahaan untuk menghentikan penyebaran informasi yang salah.

Tom Januszewski, wakil presiden pengembangan bisnis global AP, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka memiliki sejarah panjang bekerja sama dengan Twitter, bersama dengan platform lain, untuk memperluas jangkauan jurnalisme faktual. AP sangat senang memanfaatkan skala dan kecepatan AP untuk menambahkan konteks ke percakapan online, yang dapat memanfaatkan akses mudah ke fakta.

Twitter menambahkan bahwa pekerjaan ini akan terlepas dari pekerjaan yang dilakukan tim Trust & Safety untuk menentukan apakah Tweet melanggar aturan Twitter. Pekerjaan tim-tim ini meliputi pelabelan tweet yang berisi media yang dimanipulasi, misinformasi pemilu, dan media sensitif yang melanggar aturan platform.

Sumber : BBC

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.