ICT Watch di Tengah Seribu Bhabinkamtibmas Polda Riau

Sebanyak 1018 anggota Bhabinkamtibmas berkumpul di Ballroom Hotel Lebarsa, Kabupaten Kampar, Riau. Ballroom hotel jadi bernuansa warna coklat. Yang menjadikan hal ini luar biasa adalah para anggota Bhabinkamtibmas ini mau belajar literasi digital bersama ICT Watch dan Relawan TIK dengan semangat yang tinggi.

Seperti yang disampaikan oleh Kapolda Riau, Irjen Pol Muhammad Iqbal pada sambutannya. Menurutnya sosok Bhabinkamtibmas sangat dibutuhkan ditengah masyarakat karena Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak Polri. Mereka punya andil besar dalam menjaga stabilitas keamanan, sehingga penting untuk Bhabinkamtibmas meningkatkan kapasitasnya dalam hal kecakapan digital agar dapat menguasai ruang digital yang menjadi kendaraan demokrasi dan sangat berpengaruh bagi masyarakat.

Pada kesempatan yang baik ini ICT Watch memberikan pembekalan agar peserta dapat memahami jenis-jenis hoaks, apa yang menyebabkan orang mudah sekali percaya hoaks, saluran penyebaran hoaks yang perlu diwaspadai, risiko yang bisa terjadi jika percaya hoaks, dan juga bersama-sama mempraktekkan alat bantu yang sudah disiapkan ICT Watch untuk peserta agar lebih memahami cara mudah membantu masyarakat agar terhindar dari hoaks yang beredar dan melindungi data pribadinya agar terhindar dari kejahatan siber.