ICT Watch Hadiri Peluncuran Youtube Health

Sebagai salah satu mitra YouTube dalam program Trusted Flagger, ICT Watch turut hadir pada peluncuran fitur YouTube Health, hari ini, Rabu 10 Agustus 2022 di Kantor Google Jakarta. Ini merupakan fitur terbaru Youtube untuk membantu masyarakat Indonesia memperoleh informasi kesehatan yang kredibel.

Ajay Vidyasagar, Managing Director Youtube India, Southeast Asia and Emerging Market mengatakan, “Youtube Health diluncurkan karena pihaknya percaya bahwa YouTube berpotensi menjadi sarana pembawa perubahan di bidang kesehatan masyarakat dan dapat memberikan dampak positif dalam skala besar kepada masyarakat.”

Youtube Health memiliki fitur PERIKSA (Penyedia Ragam Informasi Kesehatan Anda) berupa penambahan panel sumber informasi kesehatan baru pada video, untuk memberi konteks serta membantu penonton mengidentifikasi video dari sumber kredibel. Kemudian, ada galeri konten kesehatan yang akan menyoroti video-video dari sumber tersebut dengan lebih efektif saat pengguna menelusuri topik tertentu seputar kesehatan.

Untuk mengidentifikasi sumber yang akan disertakan dalam fitur kesehatan ini, awalnya YouTube menggunakan serangkaian prinsip yang disusun oleh National Academy of Medicine (NAM) dari Amerika Serikat. Belum lama ini, organisasi kesehatan dunia (WHO) dan NAM mengadakan pertemuan bersama para ahli dari berbagai disiplin ilmu dari seluruh dunia untuk meninjau dan memvalidasi prinsip-prinsip dalam fitur yang akan digunakan secara global.

Di Indonesia, YouTube memulai kerja sama dengan 14 rumah sakit negeri dan swasta, serta dengan dokter dan kreator konten yang diharapkan dapat menjembatani informasi yang kredibel kepada masyarakat.

Peluncuran Youtube Health dilakukan oleh Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin didampingi Managing Director Google Indonesia Randy Jusuf, dan Managing Director YouTube India Southeast Asia & Emerging Markets Ajay Vidyasagar. Detik-detik peluncuran dilakukan oleh Menkes Budi dengan menekan tombol play dari smartphone.

“Kami mengapresiasi diluncurkannya fitur terbaru ini, untuk menyediakan ruang khusus bagi informasi kesehatan yang kredibel di YouTube dan mengajak masyarakat secara aktif meningkatkan kesadaran kesehatan dengan menggunakan teknologi digital,” ujar Menkes Budi.