ICT Watch bekerja sama dengan YKBH (Yayasan Kita dan Buah Hati) dan Kakatu serta dukungan penuh dari Telkomsel pada hari Minggu (22/5) melaksanakan pre-launching kampanye Internet Baik yang digagas oleh Telkomsel. Kampanye Internet Baik ini bertujuan agar pengguna internet bisa Bertanggung jawab, Aman, Interaktif dan Kreatif di internet.
Pre-launching kampanye Internet Baik tersebut terdiri dari dua kegiatan utama, yaitu Seminar dan Kelas Edukasi. Seminar diikuti oleh tidak kurang dari 30 orang tua dan kelas edukasi diikuti oleh 27 anak-anak berusia 5 sampai 12 tahun. Dalam kegiatan seminar hadir tiga narasumber, yaitu Ilham Almadani dari YKBH, Mumu (Muhamad Nur Awaludin) dari Kakatu serta Mataharitimoer dari ICT Watch. Sementara dalam kelas edukasi, anak-anak diberikan keterampilan digital literasi yang bisa membekali mereka, terutama terkait dengan games dan konten dewasa atau pornografi oleh perwakilan dari YKBH, Kakatu dan ICT Watch.
Dalam seminar tersebut terungkap berbagai permasalahan yang dialami oleh orang tua dalam melakukan pengasuhan di zaman digital seperti sekarang ini. Anak-anak cenderung diasuh oleh gadget sehingga membuat mereka menghadapi berbagai permasalahan seperti kecanduan dan terpapar konten dewasa. Narasumber berbagi pengalaman dan menerangkan pola asuh anak yang sesuai dengan zaman digital. Peserta yang sebagian besar merupakan ibu tersebut mengapresiasi kegiatan yang bisa mencerahkan tersebut, terutama terkait dengan cara-cara praktis melindungi anak dari kecanduan games dan paparan konten dewasa atau pornografi.
Selanjutnya, kampanye Internet Baik ini akan melakukan road show ke berbagai daerah sepanjang bulan Juli hingga Desember 2016 ini. Diharapkan tentunya kampanye Internet Baik ini bisa menjangkau lebih banyak orang tua dan anak dalam rangka memberikan keterampilan digital literasi sehingga mereka bisa melindungi diri dari dampak negatif internet dan mengambil sebanyak mungkin dampak positif internet. (eck)