IKEA Cabut Kamera Tersembunyi di Gudang

IKEA Cabut Kamera Tersembunyi di Gudang

Internet Sehat : IKEA telah mencabut kamera keamanan tersembunyi dari gudangnya di Peterborough, Inggris, setelah seorang karyawan melihat satu kamera di langit-langit kosong saat menggunakan toilet. Pekerja merasa khawatir bahwa mereka mungkin telah dimata-matai saat berada di kamar mandi.

Penemuan itu terjadi minggu lalu ketika lampu dimatikan. Seorang anggota staf melihat apa yang tampak seperti lampu merah kecil di antara panel plafon gantung. Ketika mereka menyelidiki, mereka menemukan kamera tersembunyi. Ketika mereka melihat lebih jauh, mereka menemukan sejumlah kamera lain di atas toilet pria dan wanita.

Seorang pekerja mengatakan kepada Peterborough Telegraph bahwa kamera tersebut bukan kamera nirkabel, tetapi kamera dengan jaringan kabel. IKEA mengakui bahwa kamera tersebut telah ada sejak tahun 2015. Perusahaan tidak mengatakan kapan terakhir digunakan.

Beberapa laporan telah menyarankan hubungan antara kamera dan sekitarnya dengan toilet, IKEA mengklaim mereka ditempatkan di sana untuk tujuan lain.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara IKEA mengatakan bahwa Pusat Distribusi Peterborough adalah fasilitas gudang besar di mana truk forklift dan HGV beroperasi secara teratur. Untuk mendukung kebijakan kesehatan dan keselamatan, IKEA memiliki kebijakan pengujian obat sesuai standar industri.

Pemasangan kamera pada tahun 2015 adalah untuk mendeteksi dugaan aktivitas yang dapat mengakibatkan cedera serius pada rekan kerja, dan untuk menjaga tingkat keselamatan yang tinggi di lokasi. Kamera-kamera itu hanya dimaksudkan untuk merekam aktivitas di ruang atap atau koridor.

Namun saat ini telah dikonfirmasi bahwa semua kamera telah dicabut dan IKEA sedang melakukan penyelidikan atas masalah tersebut. Staf sekarang dilaporkan sedang mempertimbangkan tindakan hukum.

Seorang juru bicara Kantor Komisaris Informasi Inggris (ICO) mengatakan badan tersebut belum menerima keluhan tentang masalah tersebut. ICO mengatakan bahwa merekam gambar dari setiap individu yang dapat diidentifikasi melalui kamera CCTV perlu dilakukan sesuai dengan undang-undang perlindungan data.

Di area di mana orang mengharapkan privasi tingkat tinggi, seperti ruang ganti atau area toilet, CCTV hanya boleh digunakan dalam keadaan yang paling luar biasa di mana perlu untuk menangani masalah yang sangat serius. Dalam kasus ini, organisasi harus memberi tahu orang-orang ketika CCTV sedang beroperasi dan ada batasan yang sesuai untuk melihat dan mengungkapkan gambar.

Pada bulan Juli, petugas ICO menggerebek dua rumah di Inggris Selatan setelah foto mantan menteri kesehatan Matt Hancock mencium seorang rekan muncul di surat kabar Inggris The Sun. Gambar-gambar itu diambil dari apa yang tampak seperti rekaman CCTV dari dalam Departemen Kesehatan dan Perawatan Sosial di London. Setelah publikasi, Hancock mengundurkan diri setelah mengakui pelanggaran aturan jarak sosial.

Sumber : The Register

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.