Literasi Digital

Indonesia Tutup Lebih Dari 1.000 Situs Streaming Ilegal

Pemerintah Indonesia telah memblokir 1.130 situs web streaming ilegal sebagai tindakan keras terhadap pembajakan video. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Johnny Plate. Ia mengatakan langkah itu diambil untuk melindungi hak kekayaan intelektual.
 
Menurutnya ada lebih dari 1.000 situs web yang harus ditutup. Negara Indonesia sangat menghormati hak kekayaan intelektual, termasuk negara-negara asing.

Johnny mengatakan bahwa menutup mata atas maraknya situs-situs streaming bajakan dapat membahayakan iklim investasi Indonesia. Ia meminta para pengguna internet Indonesia untuk berhenti streaming atau mengunduh film melalui situs web bajakan.

Johnny mengatakan pemerintah belum mengambil tindakan hukum terhadap situs streaming ilegal saat ini. Namun, pemilik situs web ilegal yang terus menawarkan layanan streaming setelah penutupan dapat menghadapi dakwaan pidana.

Beberapa situs web secara sukarela mengumumkan untuk menghentikan layanan streaming mereka. Salah satunya adalah situs streaming populer INDOXXI, yang akan ditutup pada 1 Januari.

Situs web itu mengatakan keputusan diambil untuk mendukung industri kreatif Indonesia. Johnny mendorong operator situs web untuk mengembangkan layanan streaming video yang sah di negara.

Sumber: Jakarta Globe

Similar Posts