Literasi Digital Virus Corona

Inggris Pertimbangkan Aplikasi Pelacakan Virus

Sebuah aplikasi coronavirus yang memperingatkan orang jika mereka baru saja melakukan kontak dengan seseorang yang positif mengidap virus dapat memainkan peran penting dalam membatasi lockdown. Hal tersebut dinyatakan olehpara ilmuwan yang memberi saran kepada pemerintah Inggris.

Menurut mereka, teknologi pelacakan lokasi akan memungkinkan pekerjaan detektif manual selama satu minggu dapat dilakukan dalam sekejap. Tetapi para akademisi mengatakan tidak ada yang harus dipaksa untuk mendaftar, setidaknya pada awalnya.

Kepala kesehatan Inggris telah mengkonfirmasi bahwa mereka sedang mengeksplorasi ide tersebut. Kepala divisi NHSX yang berfokus pada teknologi, Matthew Gould mengatakan bahwa NHSX sedang melihat apakah solusi berbasis aplikasi mungkin membantu dalam melacak dan mengelola virus corona, dan NHSX telah mengumpulkan keahlian dari dalam dan luar organisasi untuk melakukan ini secepat mungkin.

Studi oleh tim di University of Oxford’s Big Data Institute dan Nuffield Department of Medicine diterbitkan dalam jurnal Science. Studi ini mengusulkan bahwa aplikasi akan merekam data lokasi GPS orang saat mereka bergerak di kehidupan sehari-hari mereka. Hal ini akan dilengkapi oleh pengguna yang memindai kode QR (respons cepat) yang diposting ke fasilitas publik di tempat-tempat di mana sinyal GPS tidak memadai, serta sinyal Bluetooth.

Jika seseorang mulai merasa sakit, disarankan mereka menggunakan aplikasi untuk meminta tes di rumah. Dan jika positif untuk Covid-19, maka sinyal instan akan dikirim ke semua orang yang mereka telah berhubungan dekat selama beberapa hari terakhir. Orang-orang tersebut akan disarankan untuk mengasingkan diri selama dua minggu, tetapi tidak akan diberitahu siapa yang memicu peringatan tersebut.

Selain itu, tempat kerja subjek uji dan penyedia transportasi mereka dapat diminta untuk melakukan pembersihan dekontaminasi. Aplikasi juga bertindak sebagai hub untuk layanan kesehatan terkait coronavirus dan berfungsi sebagai sarana untuk meminta pengiriman makanan dan obat-obatan.

Sumber: BBC

Similar Posts