Instagram Rilis Alat untuk Menyaring Pesan Abusif

Instagram Rilis Alat untuk Menyaring Pesan Abusif

Internet Sehat : Instagram telah mengumumkan peluncuran alat untuk memungkinkan pengguna secara otomatis memfilter pesan yang abusif atau kasar dan menyinggung dari mereka yang tidak mereka ikuti di platform Instagram.

Hal ini dilakukan oleh Instagram setelah sejumlah pemain sepak bola yang berbicara tentang pengalaman pelecehan rasis, seksis, dan lainnya yang mereka alami di Instagram.

Dengan alat ini, pesan langsung (DM) yang berisi kata atau emoji yang dianggap menyinggung akan dihapus dari tampilan. Alat ini akan tersedia di Inggris Raya, Prancis, Irlandia, Jerman, Australia, Selandia Baru, dan Kanada dalam beberapa minggu ke depan. Beberapa bulan mendatang akan lebih banyak negara yang akan menerima pembaruan yang relevan.

Menurut Instagram, karena DM adalah percakapan pribadi, mereka tidak secara proaktif mencari perkataan yang mendorong kebencian atau penindasan dengan cara yang sama seperti yang dilakukan di tempat lain. Alat tersebut berfokus pada permintaan pesan dari orang yang belum diikuti oleh pengguna karena di sinilah orang biasanya menerima pesan yang kasar.

Instagram berkonsultasi dengan kelompok anti-diskriminasi dan anti-intimidasi untuk menyusun daftar istilah, frasa, dan emoji yang dianggap menyinggung. Misalnya, Klub Sepak Bola Liverpool mengkritik platform tersebut setelah beberapa pemainnya dikirimi emoji monyet rasis.

Namun pengguna juga dapat menambahkan definisinya sendiri ke daftar melalui bagian Hidden Words di setelan privasi aplikasi. Fitur ini sebelumnya sudah ada untuk menyaring penyalahgunaan dalam komentar di postingan Instagram.

Sumber : BBC

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.