Literasi Digital

Internet di Iran Putus karena Ada Demonstrasi

Layanan internet telah terganggu di beberapa bagian Iran di tengah adanya laporan bahwa internet akan sama sekali diputus sebelum demonstrasi anti-pemerintah yang direncanakan pada hari Kamis (hari ini).

Pemirsa BBC Persia melaporkan adanya pemadaman koneksi internet sementara layanan pemantauan internet NetBlocks mengkonfirmasi penurunan penggunaan (layanan internet).

Kantor berita semi-resmi Iran, Ilna mengutip seorang pejabat yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan tindakan itu telah secara resmi diperintahkan. Pemutusan koneksi internet tersebut terjadi di tengah seruan untuk demonstrasi untuk mengenang mereka yang tewas dalam protes yang dipicu oleh kenaikan harga bulan lalu.

Amnesty International mengatakan sedikitnya 304 orang terbunuh dan ribuan orang ditangkap selama penumpasan demonstrasi selama berhari-hari oleh pasukan keamanan. Kantor berita Reuters mencatat korban jiwa sekitar 1.500 orang, berdasarkan informasi dari pejabat kementerian dalam negeri yang tidak disebutkan namanya.

Protes meletus di kota-kota besar di Iran pada 15 November setelah pemerintah mengumumkan bahwa harga bensin akan naik 50% menjadi 15.000 real per liter dan pengemudi hanya diizinkan untuk membeli sebanyak 60 liter setiap bulan sebelum harga naik menjadi 30.000 real.

Keputusan itu disambut dengan kemarahan yang meluas di negara di mana ekonomi sudah terguncang akibat sanksi AS yang dipulihkan tahun lalu ketika Presiden Donald Trump meninggalkan perjanjian nuklir multilateral dengan Iran.

Ketika protes meningkat, akses ke internet hampir sepenuhnya ditutup. Rekaman ponsel yang akhirnya mencapai dunia luar tampaknya menunjukkan pasukan keamanan menembaki demonstran yang tidak bersenjata.

Sumber: BBC

Similar Posts