Izin Aplikasi Miliaran Smartphone Android akan Diatur Ulang Secara Otomatis

Izin Aplikasi Miliaran Smartphone Android akan Diatur Ulang Secara Otomatis

Internet Sehat : Google telah mengumumkan bahwa dukungan untuk fitur perlindungan privasi Android yang baru dirilis akan di-backport (dimasukkan) ke miliaran perangkat yang menjalankan versi Android yang lebih lama akhir tahun ini.

Fitur reset otomatis izin, pertama kali diperkenalkan di Android 11, dirancang untuk melindungi privasi pengguna dengan secara otomatis menghapus izin berbahaya untuk aplikasi yang tidak digunakan selama berbulan-bulan.

Izin runtime (alias izin berbahaya) seperti yang dijelaskan Google, menampilkan permintaan untuk meminta akses ke data pengguna yang sensitif atau pribadi. Saat fitur ini mulai diluncurkan ke perangkat Android lama, fitur ini akan tersedia di semua perangkat dengan layanan Google Play dan menjalankan Android 6.0 (API level 23) dan termasuk Android 10 (API level 29).

Google menjeleaskan bahwa mulai Desember 2021, mereka memperluas fitur tersebut ke miliaran perangkat lagi. Fitur ini akan otomatis diaktifkan pada perangkat dengan layanan Google Play yang menjalankan Android 6.0 (API level 23) atau lebih tinggi. Pengguna sekarang dapat membuka halaman pengaturan reset otomatis dan mengaktifkan/menonaktifkan reset otomatis untuk aplikasi tertentu. Sistem akan mulai mengatur ulang izin aplikasi yang tidak digunakan secara otomatis beberapa minggu setelah fitur diluncurkan di perangkat.

Meskipun reset otomatis izin akan diaktifkan secara default di perangkat Android 11, pengguna dapat mengaktifkannya secara manual di Android 6.0 atau lebih baru. Peluncuran bertahap di semua perangkat yang didukung oleh Layanan Google Play dan menjalankan Android 6.0 atau lebih baru akan dimulai pada Desember 2021. Proses peluncuran akan berakhir pada Q1 2022 ketika fitur tersebut diharapkan dapat menjangkau semua perangkat Android yang kompatibel.

Pada bulan Juli, Google juga mulai mengirim email kepada pengguna Android bahwa mereka tidak lagi dapat masuk ke akun Google mereka di perangkat yang menjalankan Android 2.3.7 (Gingerbread) dan yang lebih rendah.

OS Android sekarang mendukung lebih dari 3 miliar perangkat di seluruh dunia seperti yang diungkapkan VP manajemen produk Google Sameer Samat pada konferensi pengembang tahunan Google I/O tahun ini. Android 11, versi Android stabil saat ini dirilis tahun lalu, pada 8 September 2020.

Sumber : Bleeping Computer

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.