Literasi Digital

Jaringan Chatting Ditembus, Ratusan Orang Ditangkap

Internet Sehat : Badan Kejahatan Nasional Inggris atau NCA mengatakan bahwa sebuah sistem komunikasi rahasia yang digunakan oleh para penjahat untuk memperdagangkan narkoba dan senjata telah berhasil ditembus. NCA bekerja dengan polisi di seluruh Eropa dalam operasi penegakan hukum terbesar dan paling signifikan di Inggris.

Operasi ini menghasilkan penangkapa lebih dari 800 di seluruh Eropa setelah pesan di EncroChat dicegat dan diterjemahkan. Lebih dari dua ton obat-obatan terlarang, beberapa lusin senjata dan 54 juta pound dalam bentuk uang tunai telah disita.

Sementara NCA adalah bagian dari penyelidikan, penyelidikan itu sendiri diprakarsai dan dipimpin oleh polisi Prancis dan Belanda, dan juga melibatkan Europol, badan Uni Eropa untuk kerja sama penegakan hukum.

Wil van Gemert, wakil direktur eksekutif Europol, mengatakan pada konferensi pers di Den Haag bahwa peretasan jaringan telah memungkinkan gangguan kegiatan kriminal termasuk serangan kekerasan, korupsi, percobaan pembunuhan dan pengangkutan obat-obatan skala besar.

NCA mengatakan operasi di seluruh Eropa, yang berlangsung selama tiga bulan dan melibatkan pasukan polisi di seluruh Inggris, telah memiliki dampak terbesar pada geng kejahatan terorganisir yang pernah ada, dengan 746 penangkapan di Inggris, termasuk dua petugas penegak hukum.

Komisaris Polisi Metropolitan, Dame Cressida Dick, yang pasukannya melakukan penangkapan terhadap 171 orang dan menyita 13,3 juta poundsterling, menggambarkan operasi tersebut sebagai pengubah permainan.

Ia mengatakanb bahwa operasi ini baru permulaan. Polisi akan mengganggu jaringan kriminal terorganisir sebagai hasil dari operasi ini selama berminggu-minggu dan berbulan-bulan dan mungkin bertahun-tahun yang akan datang.

Diperkirakan sebanyak 60.000 orang, di antaranya hingga 10.000 di Inggris, berlangganan EncroChat yang berbasis di Prancis, yang kini telah dimatikan. Sistem ini beroperasi pada ponsel Android yang disesuaikan dan menurut situs webnya, menyediakan komunikasi aman yang bebas kekhawatiran.

Sumber: BBC

Sumber Foto: FBI

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.