Privasi & Data Pribadi

Jaringan Narkoba Dark Web Digerebek, 179 Orang Ditangkap

Internet Sehat : Pasukan polisi di seluruh dunia telah menyita lebih dari 6,5 juta dollar AS dalam bentuk uang tunai dan mata uang virtual, serta obat-obatan dan senjata dalam serangan terkoordinasi di pasar dark web. Sekitar 179 orang ditangkap di seluruh Eropa dan AS, dan 500 kilogram obat-obatan dan 64 senjata disita dalam penggerebekan tersebut.

Europol mengatakan bahwa penggerebekan ini akan mengakhiri zaman keemasan dari pasar dark web. Edvardas Sileris, kepala pusat kejahatan dunia maya Europol mengatakan bahwa internet tersembunyi (dark web) kini tidak lagi tersembunyi.

Operasi dikenal sebagai DisrupTor merupakan upaya bersama antara Departemen Kehakiman AS dan Europol. Diyakini bahwa penjahat telah terlibat dalam puluhan ribu penjualan barang dan jasa ilegal di seluruh AS dan Eropa. Obat-obatan yang disita termasuk fentanil, oksikodon, metamfetamin, heroin, kokain, ekstasi dan MDMA. Dari mereka yang ditangkap 119 berada di AS, dua di Kanada, 42 di Jerman, delapan di Belanda, empat di Inggris, tiga di Austria dan satu di Swedia.

Polisi kini mamkin lebih baik dalam menargetkan operasi di dark web. Penggerebekan terbaru ini mengikuti penghapusan pasar Wall Street tahun lalu yang kemudian dianggap sebagai pasar online ilegal terbesar kedua di dark web.

Sileris menambahkan bahwa penegakan hukum paling efektif ketika bekerja sama dan pengumuman operasi mengirimkan pesan yang kuat kepada penjahat yang menjual atau membeli barang terlarang di dark web bahwa internet tersembunyi tidak lagi tersembunyi dan aktivitas anonim sebenarnya tidak anonim.

Direktur FBI Christopher Wray mengatakan bahwa dengan adanya lonjakan kematian akibat overdosis terkait opioid selama pandemi Covid-19, FBI menyadari bahwa pengumuman tentang penggerebekan ini penting dan tepat waktu.

Kacey Clark, seorang peneliti di spesialis pemantauan dark web, Digital Shadows mengatakan bahwa operasi tersebut adalah pukulan lebih lanjut untuk kejahatan dunia maya yang terorganisir.

Operasi yang menjatuhkan pasar AlphaBay dan Hansa tiga tahun lalu itu membuat takut para penjahat dunia maya, karena mengakibatkan banyak penuntutan lanjutan saat penegak hukum mengumpulkan bukti, seringkali berbulan-bulan kemudian.

Sumber : BBC

Sumber Foto: Investopedia

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.