Kecanduan Smartphone Bukan Didorong oleh Notifikasi

Kecanduan Smartphone Bukan Didorong oleh Notifikasi

Internet Sehat : Kecanduan smartphone tidak mungkin disebabkan oleh notifikasi. Hal ini diungkapkan oleh sebuah studi yang dilakukan London School of Economics and Political Science (LSE).

Dalam studi atau penelitian ditemukan bahwa 89% interaksi dengan ponsel tidak dipicu (oleh notifikasi) dan hanya 11% dari mereka yang diteliti yang menanggapi notifikasi.

Obrolan grup juga dianggap sebagai sumber kesusahan bagi peserta dalam penelitian ini. Penelitian ini menunjukkan bahwa fitur scrolling di Instagram dan Facebook menyebabkan interaksi terlama dengan smartphone.

Penelitian ini mengatakan bahwa memeriksa ponsel cerdas sebagian besar disebabkan oleh dorongan pengguna untuk berinteraksi dengan ponsel mereka yang tampaknya terjadi secara hampir otomatis, seperti perokok yang menyalakan rokok.

Eksperimen tersebut menganalisis penggunaan ponsel cerdas dari 37 orang dengan usia rata-rata 25 di Inggris, Jerman, dan Prancis. Peserta dilengkapi dengan kamera yang memungkinkan pengguna merekam kehidupan sehari-hari mereka dari sudut pandang orang pertama. Secara total, terdapat 1.130 interaksi yang direkam untuk penelitian oleh Maxi Heitmayer dan Prof Saadi Lahlou, yang diterbitkan di Science Direct.

Dari penelitian tersebut terungkap mengapa orang menggunakan ponsel mereka:
1. WhatsApp 22%

2. Lockscreen check (untuk melihat apakah ada pemberitahuan) 17%
3. Instagram 16%
4. Facebook – 13%
5. Email 6%
6. Panggilan – 1%

Meskipun obrolan grup dianggap sebagai sumber kesusahan, pengguna mengatakan pesan yang terkandung di dalamnya sebagian besar tidak penting.

Email diberi peringkat sebagai pemberitahuan terpenting bagi peserta dalam penelitian ini. Pengguna juga menghabiskan lebih sedikit waktu di ponsel mereka saat bersama orang lain, dan interaksi terlama terjadi di transportasi umum atau di rumah.

Sumber : BBC

Yuk mari belajar Privasi, Gratis di Galeri Privasi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.