KIA Motors Dilanda Serangan Ransomware

KIA Motors Dilanda Serangan Ransomware

Internet Sehat : Geng ransomware DoppelPaymer mengklaim bahwa mereka telah melakukan serangan ransomware terhadap produsen otomotif terkenal dari Korea Selatn, KIA Motors AS dan meminta uang tebusan 20 juta dollar AS.

Sejauh ini, Kia Motors America telah secara terbuka mengakui pemadaman sistem yang diperpanjang, tetapi geng ransomware DoppelPaymer mengklaim telah mengunci file perusahaan dalam serangan cyber yang mencakup permintaan tebusan sebesar 20 juta dollar AS. Uang sebesar itu adalah untuk decryptor dan jaminan untuk tidak mempublikasikan bit data sensitif di situs kebocoran data.

Catatan tebusan dari DoppelPaymer, pertama kali diterbitkan oleh BleepingComputer yang mengatakan bahwa serangan itu terjadi pada Hyundai Motor America, perusahaan induk Kia Motors America, yang berbasis di Irvine, California. Selanjutnya dikatakan bahwa perusahaan memiliki waktu dua hingga tiga minggu untuk membayar sebanyak 404 Bitcoin, yaitu sekitar 20 juta dollar AS. Untuk menambah rasa urgensi, para pelaku memperingatkan bahwa penundaan pembayaran dapat mengakibatkan uang tebusan dinaikkan menjadi 30 juta dollar AS.

Pemadaman sistem yang dilakukan tersebut memengaruhi aplikasi seluler Kia seperti Kia Access dengan UVO Link, UVO eServices dan Kia Connect, serta portal swadaya dan dukungan pelanggan.

Sumber : Threat Post

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.