Literasi Digital

Kim Kardashian Ikut Boikot Facebook dan Instagram

Internet Sehat : Kim Kardashian West dan puluhan selebriti lainnya telah mengumumkan bahwa mereka akan membekukan akun media sosial mereka untuk memprotes penyebaran kebencian, propaganda, dan misinformasi. Menurutnya, informasi yang salah yang dibagikan di media sosial berdampak serius.

Langkah tersebut merupakan bagian dari kampanye #StopHateforProfit yang diselenggarakan oleh aktivis hak-hak sipil. Para selebriti akan membekukan akun mereka selama 24 jam pada hari Rabu waktu AS.

Kim Kardashian West mengatakan bahwa dirinya tidak bisa duduk dan diam sementara platform Facebook terus memungkinkan penyebaran kebencian, propaganda dan informasi yang salah yang dibuat oleh kelompok-kelompok untuk menyebarkan perpecahan dan memisahkan Amerika. Informasi yang salah yang dibagikan di media sosial berdampak serius pada pemilu dan merusak demokrasi AS.

Selebriti lain yang telah setuju untuk mengambil bagian dalam boikot termasuk aktor Leonardo DiCaprio, Sacha Baron Cohen dan Jennifer Lawrence, serta penyanyi Katy Perry. Aktor Ashton Kutcher yang memiliki jutaan pengikut dan juga bergabung dengan boikot, mengatakan alat ini (Facebook dan Instagram) tidak dibuat untuk menyebarkan kebencian dan kekerasan.

Penyelenggara kampanye #StopHateforProfit, yang diluncurkan pada bulan Juni, menuduh Facebook dan Instagram tidak berbuat cukup untuk menghentikan ujaran kebencian dan disinformasi. Kelompok ini berfokus pada Facebook, yang juga memiliki Instagram dan WhatsApp, dan tahun lalu menarik pendapatan iklan hampir 70 miliar dollar AS.

Ribuan bisnis dan kelompok hak-hak sipil besar, termasuk National Association for the Advancement of Colored People (NAACP) dan the Anti-Defamation League (AD) telah menandatangani kampanye tersebut.

Sumber : BBC

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.