Kirim 25.000 SMS Sehari, Scammer Ditangkap

Kirim 25.000 SMS Sehari, Scammer Ditangkap

Internet Sehat : Polisi telah menangkap seseorang minggu lalu karena mengirim pesan teks palsu ke ribuan orang untuk mendapatkan rincian perbankan dan menipu mereka. Polisi memperkirakan pria tersebut mengirim lebih dari 25.000 pesan teks pendek dalam satu hari dari kartu SIM di beberapa perangkat seluler.

Penangkapan terjadi pada 17 Juni di sebuah hotel di Manchester, Inggris, di mana penipu berusia 21 tahun telah mengambil sebuah kamar dan menggunakannya sebagai markas operasi phishing. Penipu tersebut kemungkinan adalah bagian dari geng yang lebih besar dan mungkin hanya seorang prajurit yang melakukan bagian berisiko dari bisnis untuk pemain yang lebih penting yang menjalankan operasi yang lebih besar.

Petugas polisi menemukan peralatan elektronik yang dapat digunakan untuk SMS phishing, juga dikenal sebagai smishing. Pesan teks tersebut diklaim berasal dari perusahaan pengiriman paket Hermes. Menurut polisi, operasi itu cukup besar dan bisa mengirimkan puluhan ribu pesan penipuan setiap hari. Diperkirakan hampir 26.000 SMS dikirim pada hari penangkapan.

Setidaknya beberapa pesan dikirim melalui EE, salah satu operator jaringan seluler dan penyedia layanan internet terbesar di Inggris Raya, dengan lebih dari 27 juta pelanggan. Pesan tersebut menginformasikan calon korban pengiriman yang tidak terjawab dan meminta informasi perbankan. Jumlah individu yang menjadi korban penipuan masih dirahasiakan.

Setelah memeriksa perangkat yang disita, polisi mengatakan bahwa mereka menyimpan total 44.000 kontak ponsel. Terlepas dari ukuran operasi phishing, pria itu tertangkap ketika staf hotel menganggapnya mencurigakan karena membawa sejumlah besar kabel di dalam tas dan memberi tahu polisi di Manchester.

Orang-orang di Inggris Raya yang menerima pesan teks mencurigakan yang diduga dari Hermes harus melaporkan upaya phishing, menghubungi polisi secara online atau menelepon 101.

Sumber : Bleeping Computer

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.